Besok, Ganjar akan Coba Hidupkan Api Abadi Mrapen yang sudah Enam Bulan Mati

Senin, 19 April 2021 17:10 WIB

Share
Karyawan ESDM sedang mengecek kondisi sumber Api Abadi Mrapen. Foto: Ist

POSKOTAJATENG, SEMARANG – Api Abadi Mrapen menggegerkan masyarakat karena berhenti menyala sejak September 2020 lalu. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo akan coba menghidupkan lagi sumber api termasyur itu pada Selasa (20/4/2021) besok.

Sebelumnya, Ganjar telah meminta Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Tengah menangani persoalan padamnya api di Objek Wisata Api Abadi Mrapen, Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan. Ganjar meminta pencarian sumber gas api abadi Mrapen agar selanjutnya bisa dinyalakan lagi.

Upaya ESDM rupanya membuahkan hasil. Dan besok pagi Ganjar akan mencoba menghidupkan kembali api yang konon ditemukan sejak zaman Sunan Kalijaga itu.

BACA JUGA: Polres Magelang Amankan Tiga Penjual Obat Mercon Lewat FB, 308 Kg Bubuk Potasium Disita

[page-pagination]

Kepala Dinas ESDM Jateng Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan, pihaknya berupaya melakukan berbagai langkah untuk menyalakan api di Mrapen. “Kami secara teknis, berupaya keras dari bulan Februari, Maret, April. Atas petunjuk dan dukungan kuat dari bapak Gubernur (Ganjar Pranowo),” kata Sujarwanto di kantornya di Madukoro, Semarang, Senin (19/4/2021).

Dinas ESDM Jateng di antaranya melakukan upaya teknis mencari cebakan gas dan pola distribusi (aliran) gas, volume gasnya yang dapat ditemukan melalui pendugaan di bawah permukaan.
Selain juga melalui pemetaan geologi permukaan,dan pengukuran geolistrik tiga dimensi ke bawah yang bertujuan untuk meyakini sekali lagi adanya sumber reservoir, yang menjebakkan gas di bawah permukaan tanah. Reservoir adalah tempat menyimpan barang-barang cadangan seperti air dan bahan bakar gas.

“Akhirnya kita meyakini cobakan gas dan pola distribusi (aliran) gas. Dari proses itu lalu kita melakukan pemboran yang pemborannya bersifat ekplorasi,” jelasnya.

Dua Titik

BACA JUGA: Zodiak Besok 20 April 2021, Cancer Memilih Pilihan Terbaik, Leo Kini Biasa Dikecewakan

Halaman
1 2
Reporter: Aji
Editor: Admin Jateng
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler