Alhamdulillah Api Abadi Mrapen Hidup Lagi, Bisa Bertahan Sampai 60 Tahun

Selasa, 20 April 2021 19:45 WIB

Share
API MRAPEN: Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat prosesi menghidupkan kembali Api Mrapen, di Kabupaten Grobogan, Selasa (20/4/2021)

POSKOTAJATENG, GROBOGAN- Api Abadi Mrapen yang menjadi salah satu ikon Kabupaten Grobogan, dimana sempat padam sejak September 2020 lalu akhirnya menyala kembali.

Untuk diketahui, Api Abadi Mrapen tak hanya menjadi ikon Kabupaten Grobogan, namun juga ikon olahraga di Indonesia. Pasalnya, setiap digelar even olahraga PON, selalu diawali dengan pengambilan Api Abadi dari Mrapen untuk dibawa ke lokasi PON. 

Api Abadi yang konon merupakan peninggalan Sunan Kalijogo itu, Selasa (20/4/2021) kembali menyala. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, melakukan proses menghidupkan kembali Api Abadi Mrapen. Dengan menggunakan obor, orang nomor satu di Jawa Tengah itu berhasil menghidupkan api yang sempat padam.

BACA JUGA: Ternyata Ini Penyebab Jalan Semarang-Purwodadi Rusak Parah, Gubernur Ganjar Ingatkan Pentingnya Selokan

[page-pagination]

"Alhamdulillah Api Abadi Mrapen kembali abadi," kata Ganjar usai menyalakan Api Abadi Mrapen, Selasa (20/4/2021).

Kebocoran Gas

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Dinas ESDM Jateng dan ahli geologis ternyata penyebab padamnya Api Abadi Mrapen adalah karena adanya kebocoran gas.

Dari hasil penelitian itu akhirnya tim geologis itu, kemudian dilakukan survei geolistrik untuk mencari sumber api baru, pelaksanaan pengeboran dan penemuan sumber gas dan api di kedalaman 40 meter. Gas tersebut dialirkan ke tungku Api Abadi Mrapen agar kembali menyala."Gas yang menjadi penyuplai Api Abadi ini bocor halus di beberapa titik,"katanya.

Dengan sudah kembalinya Api Abadi Mrapen, Ganjar berharap masyarakat ikut menjaga kelestarian tempat yang menjadi ikon Kabupaten Grobogan tersebut.

Halaman
1 2
Reporter: Ade
Editor: Admin Jateng
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler