Ganjar Semangati Legenda Penari Tayub Asal Grobogan, Lasmi: Kulo Sampun Sepuh Pak, Mpun Mboten Payu...

Selasa, 20 April 2021 19:43 WIB

Share
BERBINCANG: Sambil lesehan, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berbincang dengan legenda penari tayub Lasmi Sulastri. Foto: Ist

Dek jaman berjuang
Njur kelingan anak lanang
Mbiyen tak openi
Ning saiki ana ngendi?
......

POSKOTAJATENG, GROBOGAN - Aunan lagu Caping Gunung itu mengalun merdu dari mulut legenda penari Tayub Grobogan, Lasmi Sulastri. Lagu itu ia nyanyikan khusus untuk menyambut tamu spesial yang mengunjunginya, Selasa (20/4/2021).


Bukan tamu biasa yang datang rumahnya, di Dusun Sambong Harjo Desa Kalisari, Kecamatan Kradenan Grobogan. Waranggono berusia 61 tahun itu nampak sumringah menyambut tamunya itu, karena ternyata yang mengunjunginya adalah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

BACA JUGA: Alhamdulillah Api Abadi Mrapen Hidup Lagi, Bisa Bertahan Sampai 60 Tahun

[page-pagination]


"Sugeng rawuh pak Ganjar, monggo pinarak (selamat datang pak Ganjar, silahkan duduk)," sapa Lasmi pada Ganjar usai menyanyikan lagu untuk menyambut tamunya itu.


Ganjar pun langsung duduk lesehan di atas tikar. Tak ada kursi meja atau ornamen menonjol di rumah sederhana itu. Hanya gambar sepasang penari tayub di dinding dan foto masa muda Lasmi yang terpasang di sana.

Obrolan antara Ganjar dan Lasmi berlangsung sangat hangat. Diselingi canda tawa, Ganjar mendapat banyak cerita tentang masa lalu Lasmi yang moncer di dunia seni tempo dulu. Apalagi, beberapa kali Ganjar minta Lasmi menyanyikan beberapa lagu dan dituruti.

"Saya sudah  41 tahun pak berkecimpung di kesenian. Mulai karawitan, sinden wayang, ketoprak dan tayub. Ya nguri-nguri kabudayan Jawi pak, dari dulu sampai sekarang," kata Lasmi.

BACA JUGA: Ternyata Ini Penyebab Jalan Semarang-Purwodadi Rusak Parah, Gubernur Ganjar Ingatkan Pentingnya Selokan

Halaman
1 2 3
Reporter: Aji
Editor: Admin Jateng
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler