KPOTI Jepara Siap Lestarikan Permainan Tradisional Saat Masa RA Kartini

Rabu, 21 April 2021 14:58 WIB

Share
Ketua KPOTI Jepara Ahmad Kholik mengenalkan jenis permainan Jepara kepada Ketua Umum KPOTI Pusat M Zaini Alif. Foto: Ist

POSKOTAJATENG, JEPARA – Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Kabupaten Jepara periode 2021-2025 siap memajukan permainan dan olahraga tradisional di Bumi Kartini, khususnya permainan saat masa RA Kartini.


Hal itu disampaikan Ketua Umum KPOTI Jepara Ahmad Kholik pada pelantikan pengurus KPOTI Kabupaten Jepara periode 2021-2025 di Pendapa RA Kartini, Selasa (20/4/2021).

BACA JUGAAtikoh Ganjar Pranowo Sebut Tantangan Kartini Zaman Now Adalah Gandrung Medsos

[page-pagination]


Menurutnya, Jepara merupakan salah satu gudangnya permainan tradisional, sebagaimana pada masa Raden Ajeng Kartini.


“Selain belajar, Raden Ajeng Kartini juga mengenalkan berbagai macam permainan kepada anak-anak saat itu. Mereka dengan riang gembira memainkan permainan dan juga belajar,” kata Kholik.


Ketua Umum KPOTI Pusat M Zaini Alif mengatakan, melestarikan permainan dan olahraga tradisional bukanlah tugas yang mudah. Perlu perjuangan yang keras dan terus dilakukan. Sebab, permainan dan olahraga tradisional adalah bentuk implementasi budaya asli bangsa Indonesia yang harus dipertahankan.

BACA JUGA: Ramlan Zodiak Hari Ini 21 April 2021, Sagitarius Ikhlas, Taurus Tenangkan Dirimu

[page-pagination]

Disampaikan, dari beberapa surat-surat RA Kartini “Habis Gelap Terbitlah Terang”, banyak sekali dijumpai kata bermain atau permainan. Ada lebih dari 30 kata bermain, yang ditulis pahlawan emansipasi wanita itu. Ini artinya, RA Kartini menaruh perhatian lebih kepada kebebasan anak-anak pada masanya untuk melakukan aktivitas bermain.

Halaman
1 2
Reporter: Aji
Editor: Admin Jateng
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler