Tertua di Jawa Tengah, Masjid Sekayu akan Dikembangkan jadi Destinasi Wisata Religi

Rabu, 21 April 2021 08:23 WIB

Share
WISATA RELIGI: Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat mengunjungi Masjid Sekayu, yang akan menjadi salah satu destinasi wisata religi di Semarang. Foto: Ist

POSKOTAJATENG, SEMARANG - Bagi warga Kota Semarang sudah tidak asing lagi dengan keberadaan Masjid Taqwa Sekayu. Menurut beberapa literasi masjid tertua di Kota Semarang itu dibangun pada tahun 1413 oleh para Ulama.

Dahulu kampung Sekayu merupakan tempat transit pengumpulan kayu-kayu jati untuk membangun Masjid Agung Demak. Dari cerita demi cerita, itulah awal nama kampung Sekayu. Kampung yang cukup tua di tengah Kota Semarang.

Meski sudah mengalami beberapakali renovasi namun masih tetap mempertahankan keasliannya. Di antaranya adalah pintu masjid, mustoko, dan yang utama adalah empat tiang penyangganya.

BACA JUGATernyata Ini Penyebab Jalan Semarang-Purwodadi Rusak Parah, Gubernur Ganjar Ingatkan Pentingnya Selokan

[page-pagination]

Empat tiang penyangga yang ada di Masjid Taqwa Sekayu konon merupakan hadiah dari kerajaan Majapahit, untuk para ulama yang ikut berkiprah dalam pembangunan Masjid Agung Demak di masa kerajaan Demak Bintoro. Hingga kini keempat tiang penyangga tersebut masih kokoh berdiri.

Sekadar Singgah

Hingga kini, Masjid Taqwa Sekayu masih menarik perhatian umat muslim dari berbagai daerah untuk sekedar singgah dan menyaksikan secara langsung keistimewaan Masjid Taqwa Sekayu.

Bahkan di bulan Ramadan seperti sekarang ini, banyak masyarakat dari luar Kota Semarang, melakukan ibadah di Masjid Sekayu.

Keberadaan Masjid Taqwa Sekayu ini diharapkan menjadi salah satu destinasi wisata religi andalan Kota Semarang.

Halaman
1 2 3
Reporter: Ade
Editor: Admin Jateng
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler