Berikut Ini Spesifikasi Kapal MV Swift Rescue Singapura, yang Membantu Pencarian Kapal Selam KRI Nanggala-402

Kamis, 22 April 2021 12:03 WIB

Share
Kapal MV Swift Rescue Singapura

POSKOTAJATENG, SEMARANG- Guna mendukung proses penyelamatan kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak saat sedang latihan torpedo, Rabu (21/4/2021) Angkatan Laut Singapura kirimkan bantuan berupa Kapal MV Swift Rescue.

Kapal MV Swift Rescue berangkat dari pangkalannya di Tanah Merah, Singapura menuju perairan Bali pada Rabu sore. Dijadwal akan tiba di lokasi tanggal 24 April.

Lalu, bagaimana spesifikasi kapal MV Swift Rescue yang memiliki kemampuan Submarine Escape and Rescue (SMER)?

Melansir laman Kementerian Pertahanan Singapura, MV Swift Rescue memiliki panjang hingga 85 meter, beam 18 meter, berat 4.300 ton, dan mampu mengangkut 27 kru.

BACA JUGA: Berikut Ini Spesifikasi Kapal Selam KRI Nanggala-402, Dikabarkan Hilang di Perairan Bali

[page-pagination]

Empat Minggu

MV Swift Rescue diklaim mampu beroperasi terus menerus selama empat minggu. Kelebihan itu menjadikan MV Swift Rescue sebagai kapal yang tepat untuk operasi kompleks dan berjangka panjang. MV Swift Rescue mampu melaju dengan kecepatan 12 knot.

Sebagai kapal penyelamat, MV Swift Rescue dilengkapi dengan ruang perawatan hiperbarik dan dek helikopter. MV Swift Rescue juga menyediakan opsi perawatan darurat dan evakuasi. Ruang dekompresi dapat memuat 40 orang.

Bagian terpenting dari kapal itu adalah kapal penyelamat submersible Deep Search and Rescue Six (DSAR 6). Diluncurkan dari kapal induk, DSAR 6 mampu menyelam hingga ratusan meter dan terhubung dengan kapal selam yang rusak dan kemudian membawa kapal sel ke tempat yang aman.

Halaman
1 2
Reporter: Ade
Editor: Admin Jateng
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler