Kasepuhan Adat Cibarani Akan Mengadu ke Kapolri Usai Para Gurandil Melakukan Perusakan Gunung Liman

Kamis, 22 April 2021 21:35 WIB

Share
Gunung Liman yang rusak oleh ulah gurandil

POSKOTAJATENG, SEMARANG - Masyarakat adat dibuat geram oleh kelakuan para gurandil yang merusak Gunung Liman. Gurandil adalah seorang penambang emas secara liar.

Gunung Liman berada di kawasan hutan adat kasepuhan Cibarani, Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak, Banten. Rusaknya Gunung Liman yang berbatasan langsung dengan wilayah adat Baduy itu juga membuat salah satu tetua adat Baduy Ki Pulung menangis sedih.

Pasalnya,  gunung tersebut merupakan wilayah sakral yang bahkan tidak boleh dikunjungi oleh sembarang orang, bahkan warga kasepuhan adat itu sendiri. Hal itu dilakukan untuk melindungi  Gunung  Liman yang  merupakan  hulu dari berbagai aliran sungai di Kabupaten Lebak, seperti sungai Ciujung.

BACA JUGA: Zodiak Besok Jumat 23 April 2021, Taurus Dapat Kejutan, Cancer Sedang Merasa Bosan

[page-pagination]

Ketua Adat Cibarani, Dulhani mengaku akan mengadukan ulah dari para gurandil itu kepada Kapolda Banten, bahkan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

"InsyaAllah, dalam jangka waktu dekat kita akan melaporkan adanya aktivitas gurandil itu kepada Kapolda Banten,  dan ditembuskan kepada Kapolri, " kata Dulhani ketika dihubungi  Pos Kota melalui telepon selulernya,  Kamis (22/04/2021).

Duhlani mengungkapkan,  sedikitnya terdapat  10 lubang lebih yang digali  oleh para gurandil guna menambang emas pada Gunung Liman  itu.

Dikatakanya,  para gurandil itu sendiri diduga bukan berasal dari masyarakat adat Cibarani,  namun masyarakat luar. Karena,  masyarakat adat sendiri  sangat mematuhi larangan adat yang melarang adanya aktivitas penebangan pohon dan pertambangan pada gunung Liman itu.

"Ada 10 galian lubang lebih yang kini sudah ditutup oleh kami, " ungkap Dulhani.

Halaman
1 2
Reporter: Aji
Editor: Admin Jateng
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler