Persiapan Menghadapi Lebaran, BI Jateng Siapkan Uang Tunai Rp7,4 Triliun

Kamis, 22 April 2021 05:36 WIB

Share
PENUKARAN UANG: Penukaran uang bersama menghadapi hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah di Kantor BI Jateng, Rabu (21/4/2021). Foto: Ist

POSKOTAJATENG, SEMARANG - Kantor Perwalikalan Wilayah (KPw) Bank Indonesia (BI) Jateng memastikan kebutuhan uang untuk Lebaran 2021 terpenuhi. Kepala KPwBI Jateng Pribadi Santoso mengatakan, untuk menghadapi Lebaran tahun ini BI Jateng uang tunai sebesar Rp 7,4 Triliun.

"Jumlah uang yang disediakan tahun ini mengalami peningkatan sebesar Rp 1,8 Triliun atau naik 25 persen," katanya, saat launching penukaran uang bersama menghadapi hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah di Kantor BI Jateng, Rabu (21/4/2021).

Dijelaskannya, secara nasional, Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang tunai sebesar Rp 152,14 Triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat seluruh Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri 2021 atau mengalami peningkatan sebesar Rp 42,94 Triliun dari tahun lalu (setara 39,33 persen).

BACA JUGA: Wisata Religi ke Tujuh Masjid Unik di Indonesia, Dijamin Seru dan Dekat Rumah Pula!

[page-pagination]

Dia menjelaskan, penyediaan kebutuhan uang tunai tersebut telah memperhatikan berbagai asumsi makroekonomi terkini dan kondisi terkait penyebaran pandemi Covid-19. BI juga mendorong masyarakat untuk menggunakan transaksi pembayaran secara nontunai melalui digital banking, uang elektronik, dan QR Code Indonesian Standard (QRIS).

Ada Peningkatan

Pribadi Santoso menjelaskan, dengan adanya peningkatan jumlah uang yang disediakan menunjukkan adanya peningkatan di sektor perekonomian baik di skala kota/kabupaten atau provinsi maupun nasional.

"Untuk memastikan kebutuhan uang tersedia dalam jumlah yang cukup dan kualitas yang layak edar, BI melakukan koordinasi dengan perbankan dan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) untuk menjaga ketersediaan uang di mesin tarik uang (ATM) dan mesin setor tarik (Cash Recycling Machine)," jelasnya.

BACA JUGA: OJK Dorong TPKAD Fokus Membangkitkan UMKM Untuk Pemulihan Ekonomi

Halaman
1 2
Reporter: Ade
Editor: Admin Jateng
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler