Maskapai yang Membawa WNA Asal India, akan Dikenai Sanksi Oleh Imigrasi Berupa Penanggungan Biaya Pemulangan

Minggu, 25 April 2021 16:37 WIB

Share
Suasana bandara Soekarno - Hatta

POSKOTAJATENG, TANGERANG - Kebijakan Pemerintah yang melarang dan menolak sementara kepada seluruh pelaku perjalanan dari India membuat pihak imigrasi perketat pengawasan di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Diketahui penolakan terhadap pelaku perjalanan dari India tersebut mulai berlaku pada Sabtu (24/4/2021) lantaran terjadi lonjakan kasus Covid-19 di negara tersebut.

Kepala Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Soekarno-Hatta Indra Bangsawan menyatakan, pihaknya akan memberikan sanksi kepada maskapai yang yang membawa pelaku perjalanan asal India.

BACA JUGA: Pengemudi Mobil Mewah Porsche Masuk Jalur Busway Ditangkap Polisi

[page-pagination]

Menurutnya maskapai akan dikenakan sanksi berupa pembiayaan pemulangan pelaku perjalanan asal India atau orang asing dengan riwayat perjalanan di India dalam kurun 14 hari sebelum masuk ke Indonesia.

"Proses kepulangan ditanggung sepenuhnya oleh maskapai yang membawa penumpang tersebut masuk ke wilayah Indonesia," ujar Indra, Minggu (25/4/2021).

Indra berharap pihak maskapai luar negeri yang akan membawa penumpang pelaku perjalanan asal India, agar dapat menseleksi penumpangnya yang diperbolehkan masuk ke Indonesia saat check-in di Bandara keberangkatan.

"Diharapkan saat proses check-in di luar negeri, mereka (pihak maskapai) dapat memfilter penumpang yang boleh masuk ke wilayah Indonesia," katanya.

BACA JUGA: Kisah Pilu Istri Awak KRI Nanggala 402 yang Lagi Hamil Hingga Kirim WA ke Suami Viral, Warganet Berikan Support

Halaman
1 2
Reporter: Aji
Editor: Admin Jateng
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler