Faktor Alamlah yang Menjadi Dugaan Kuat Penyebab Tenggelamnya Kapal Selam KRI Nanggala-402

Senin, 26 April 2021 19:43 WIB

Share
KRI Nanggala-402 yang tenggelam. Foto: Dok KRI Nanggala

POSKOTAJATENG, SEMARANG- Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono menjelaskan, berdasarkan analisa awal kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam karena faktor alam di sekitar perairan laut Bali Utara.

Yudo juga membantah, jika ada yang mengatakan kalau penyebab tenggelamnya kapal selam tersebut akibat kesalahan manusia atau pun terjadi black out (mati listrik)."Sudah kita evaluasi dari awal saya berkeyakinan ini bukan human error dan lebih kepada faktor alam," terang Yudo, Minggu (25/4/2021).

Namun hal itu masih berupa analisa awal, data lengkap dari penyebab tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 baru akan diketahui saat badan kapal selam berhasil  dinaikkan."Jadi nantinya akan diinvestigasi setelah badan kapal bisa diangkat," ungkapnya lebih lanjut.

BACA JUGA: Warga Sebut Letkol Laut Irfan Suri Prajurit TNI KRI Nanggala 402, Adalah Orang yang Mudah Bergaul dan Ramah

[page-pagination]

Sesuai Prosedur

Dengan adanya laporan yang diberikan oleh awak kapal saat melakukan penyelaman membuat Yudo yakin bahwa tidak ada kelalaian manusia.

"Dari awal saya sampaikan kapal ini tidak atau bukan human error karena saat proses menyelam sudah melalui prosedur yang betul mulai laporan penyelaman dan terdengar dari penjejak kemarin itu," tukasnya.

Terlebih diketahui saat melakukan penyelaman lampu KRI Nanggala-402 masih menyala semua sehingga tidak terjadinya black out (mati listrik). (Rau)

 

Reporter: Ade
Editor: Admin Jateng
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler