Insan Kehumasan Dituntut Melakukan Komunikasi yang Tepat

Senin, 26 April 2021 15:33 WIB

Share
Workshop penguatan kehumasan yang digelar KPU dan Diskominfo Jateng secara virtual. Foto: Ist

POSKOTAJATENG, SEMARANG – Komunikasi yang tepat sangat dibutuhkan untuk meningkatkan citra lembaga atau institusi, tak terkecuali instansi pemerintah. Tidak sedikit humas atau public relations (PR) yang belum berhasil dalam melakukan komunikasi dengan masyarakat. Karenanya, insan kehumasan dituntut bisa melakukan komunikasi yang tepat.

 Hal itu ditekankan Humas Indonesia.id Asmono Wikan saat workshop penguatan kapasitas kehumasan dengan topik Meningkatkan Citra Lembaga melalui Pengelolaan Konten Media Sosial dan Optimalisasi Fungsi Kehumasan yang digelar KPU dan Diskominfo Provinsi Jateng melalui virtual, Senin (26/4/2021).

BACA JUGA: Ganjar Diskusi Virtual dengan Dubes Inggris, Jajaki Kerja Sama Energi Terbarukan

[page-pagination]

“Humas atau PR harus mampu menjadi pendongeng, menceritakan kisah organisasi mereka melalui media,” kata dia.

Selain itu, humas juga harus siap menangani gempuran atau krisis yang datang kapan saja. Tentu dengan menyikapinya dengan baik dan berdasarkan data yang dimiliki sesuai masalah tersebut.

 Pemateri lainnya, Wicaksono pemilik akun Instagram @ndorokakung, mengatakan, belakangan ini media sosial menjadi pilihan untuk memperluas komunikasi dengan masyarakat. Namun, sama halnya dengan komunikasi lisan, perlu ada strategi khusus untuk mengelola media sosial.

 Ditambahkan dia, kunci berkomunikasi di media sosial adalah konten harus berdasar data dan fakta valid untuk meningkatkan trust.

 “Komunikasi interaktif, menjawab pertanyaan dan komentan. Dan publik mendapat informasi aktual secara reguler,” terang Wicaksono.

Sangat Penting

Halaman
1 2
Reporter: Aji
Editor: Admin Jateng
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler