Gunung Kidul Diguncang Gempa Tektonik M 4,6, Hanya Ada Goyangan Ringan pada Benda yang Digantung

Selasa, 27 April 2021 13:56 WIB

Share
Info gempa di Gunung Kidul dari BMKG

POSKOTAJATENG, SEMARANG - Wilayah Gunung Kidul, Yogyakarta, pukul 10:22:59 WIB diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo (M)4.6. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8.740 LS dan 110.26843 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 91 km Barat Daya Gunung Kidul pada kedalaman 24 km.
Kepala Stageof Sleman Ikhsan dalam rilisnya, Selasa (27/4/2021) menyebutkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo Australia.


Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Gunung Kidul, Bantul, Sleman dan Wonogiri II MMI ''Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,'' katanya.

BACA JUGA: Ikatan Cinta Malam Ini 27 April 2021, Elsa Kembali Ketahuan Bohongnya, dan Al Terluka Parah

[page-pagination]

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.
Hingga hari Selasa, 27 April 2021 pukul 10.45 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ).


Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah. (Dik)

Reporter: Aji
Editor: Admin Jateng
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler