Bupati Magelang Minta Dilakukan Langkah Percepatan Realisasi Keuangan 

Rabu, 28 April 2021 14:27 WIB

Share
Bupati Magelang Zaenal Arifin saat memimpin Rakor POK Triwulan I melalui telekonference.

JATENGPOSKOTA, MAGELANG- Bupati Magelang, Zaenal Arifin meminta agar dilakukan langkah-langkah percepatan secara koordinatif, sehingga realisasi keuangan dapat mencapai target yang telah ditetapkan. Hal ini diungkapkan pada saat pelaksanaan Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Kegiatan (Rakor POK) terpadu akhir triwulan I Tahun 2021, secara telekonference dari Rumah Dinas Bupati Magelang, Selasa (27/4/2021).

Dari laporan yang telah diterima oleh Bupati Magelang, sampai dengan akhir bulan Maret 2021 realisasi fisik tertimbang adalah sebesar 24,23 persen. Sementara realisasi keuangan baru mampu mencapai 6,96 persen. Menurutnya, capaian kinerja fisik untuk triwulan I tahun 2021 sudah lebih baik dibandingkan tahun 2020 pada periode yang sama.

"Sedangkan untuk kinerja keuangan, saya masih menaruh harapan agar segera dilakukan langkah-langkah percepatan secara koordinatif supaya ada perbaikan kinerja di triwulan selanjutnya, sehingga realisasi keuangan dapat mencapai target yang telah ditetapkan," tutur, Zaenal saat memimpin Rakor POK.

 

Zaenal mengatakan, penyelenggaraan Rakor POK terpadu ini bertujuan untuk memberikan gambaran kinerja pelaksanaan kegiatan pembangunan daerah yang bersumber dari APBD Kabupaten Magelang. Selain itu, untuk mengevaluasi kinerja pelaksanaan kegiatan sampai akhir bulan Maret 2021 dengan mengidentifikasi kendala, permasalahan, dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Realisasi Keuangan

Selain kegiatan yang dibiayai dari APBD murni, pada tahun 2021 terdapat pula kegiatan-kegiatan yang dibiayai dari Bantuan Keuangan Provinsi dan Dana Alokasi Khusus (DAK). Progres pelaksanaan Bantuan Keuangan kepada Kabupaten/Kota APBD Provinsi Jawa Tengah untuk Kabupaten Magelang Tahun Anggaran 2021, sampai dengan akhir bulan Maret 2021 ini, realisasi fisiknya sudah tercapai sebesar 4,92 persen dan realisasi keuangan sebesar 0 persen.

 

Sedangkan DAK, capaian kinerja fisik sampai akhir bulan Maret 2021 ini masih 0 persen dan realisasi keuangan yang telah tercapai dari DAK Fisik Reguler sebesar 0,0006 persen dan 0,36 persen dari DAK Fisik Penugasan.

"Berkaitan dengan hal ini, saya berharap kepada perangkat daerah pengampu bantuan keuangan Provinsi dan DAK untuk dapat memenuhi segala persyaratan pencairan sesuai ketentuan yang berlaku, dan dapat melaksanakan kegiatan dengan seoptimal mungkin," kata, Zaenal.

Halaman
1 2
Reporter: Ade
Editor: Ade
Contributor: Harsono
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler