Kompetisi Industri Telekomunikasi Semakin Ketat, XL Axiata Miliki 147 Ribu BTS

Rabu, 28 April 2021 15:50 WIB

Share
Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarni

POSKOTAJATENG, SEMARANG- XL Axiata tetap mampu tumbuh positif meskipun kompetisi industri telekomunikasi terus berlangsung ketat, serta daya beli masyarakat yang belum pulih akibat pandemi Covid-19.

Hal itu ditandai dengan keberhasilan pada kuartal pertama 202,1 berhasil meraih laba sebesar Rp 321 miliar. Perseroan juga berhasil mempertahankan tingkat profitabilitas dengan membukukan marjin EBITDA sebesar 50 persen.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarni menjelaskan, "Pada kuartal pertama 2021, kami mencatat peningkatan kontribusi pendapatan data terhadap pendapatan layanan (service revenue) meningkat menjadi 94 persen, dengan penetrasi smartphone menjadi 90 persen, yang merupakan tertinggi di industri,"jelasnya, melalui keterangan tertulisnya, Selasa (27/4/2021).

 

Sementara itu, pembangunan jaringan data 4G terus berlangsung, dan hingga akhir kuartal pertama 2021 telah mencapai 458 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia dengan 57 ribu Base Transceiver Station (BTS) 4G. Total jumlah BTS saat  ini mencapai lebih dari 147 ribu, dengan porsi terbanyak BTS 4G.

Luar Jawa

Disisi lain perluasan 4G dilakukan ke seluruh Indonesia, terutama di luar Jawa Termasuk dengan melakukan fiberisasi secara masif untuk meningkatkan kapasitas jaringan. Hal ini untuk memenuhi peningkatan kebutuhan layanan data saat ini dan masa mendatang dan juga kesiapan adopsi teknologi baru.

Dengan fiberisasi yang mampu menyediakan kapasitas besar ini, tentunya sangat mendukung efisiensi biaya untuk pencapaian profitabilitas.

Guna menyiapkan jaringan menuju 5G,  terus melanjutkan proses fiberisasi jaringan guna meningkatkan kapasitas jaringan transport. Fiberisasi terbukti mampu meningkatkan kualitas jaringan untuk menopang sejumlah layanan data dengan kapasitas besar, seperti antara lain live video streaming.

 

Halaman
1 2
Editor: Ade
Contributor: Andik Sismanto
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler