Kawah Sileri Dieng Erupsi, Muntahkan Lumpur dan Bebatuan Hingga Sejauh 400 Meter

Jumat, 30 April 2021 08:36 WIB

Share
Lokasi wisata Sileri Banjarnegara

POSKOTAJATENG,SEMARANG - Kawah Sileri yang berada di kawasan Dieng tepatnya di Dusun Kepakisan Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, mengalami erupsi, Kamis (29/4/2021) malam.  Kabar erupsinya kawah Sileri pun langsung menyebar luas ke media sosial. 

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, kawah Sileri mengalami erupsi pada pukul 18.25 WIB. Kawah Sileri memuntahkan material berupa lumpur dan bebatuan hingga sejauh 400 meter dari bibir kawah. Jalanan disekitar lokasi pun penuh lumpur dan licin. 

 

Salah satu tim Tagana setempat Tomi Bara mengatakan, saat ini tim dari TNI/Polri dan relawan mengamankan jalur yang berada di dekat kawah. 

"Jalur dari Pakisan menuju Bawang melalui Bitingan untuk sementara kita tutup karena bersebelahan dengan kawah," katanya saat dihubungi PoskotaJateng, Kamis (29/4) malam. 

Dia menambahkan, saat ini kondisi kawah Sileri terus dipantau untuk mengantisipasi adanya erupsi susulan. 

Pihaknya menghimbau untuk masyarakat tetap waspada dan jangan panik dan tidak mudah percaya dengan berita yang tidak jelas asal-usulanya. 

Sementara itu, berdasarkan informasi yang beredar ada salah satu pengendara sepeda motor yang terkena muntahan lumpur dari Sileri. 

Dari video yang beredar, pengendara sepeda motor tersebut tidak mengalami luka, namun seluruh badan dan sepeda motor yang dikendarainya penuh dengan lumpur. (DIK)

 

Editor: Aji
Contributor: Andik Sismanto
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler