Sejumlah Hydrant di Kendal Rusak, Bisa Sulitkan Petugas Damkar Saat Ada Kebakaran

Sabtu, 1 Mei 2021 15:56 WIB

Share
Hydrant untuk membantu petugas kebakaran dalam mendapatkan air

POSKOTAJATENG, KENDAL - Mengantisipasi musim kemarau, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpolkar) Kendal, melakukan pengecekan terhadap sekitar 48 hydrant, baik yang ada di lingkungan pemerintahan maupun di pasar-pasar, Jumat (30/4/2021). Dari jumlah tersebut, ada beberapa yang rusak, sehingga sulitkan petugas Damkar saat ada kebakaran.


Sedikitnya ada 48 hydrant yang ada di pasar se Kabupaten Kendal dan empat di lingkungan kantor Setda Kendal yang dicek. Dari jumlah tersebut, ada beberapa hydrant yang rusak. Seperti tidak bisa keluar air atau debit airnya kecil.

Kasiops Pengendalian Kebakaran Satpolkar Kendal, Ria Listiana Sari mengatakan, secara berkala, pihaknya melakukan pengecekan hydrant yang ada di pasar se Kabupaten Kendal tidak bisa digunakan secara maksimal.

 

Namun dari 48 hydrant tersebut ada beberapa yang tidak bisa dipergunakan secara maksimal. Menurutnya, banyak hydrant yang juga rusak falpnya sehinggga debit air kecil.

"Bahkan ada juga hydrant yang berada di pasar, malah digunakan untuk lapak jualan pedagang. Sehingga jika dibutuhkan saat ada kebakaran, petugas Damkar kesulitan," ungkap Ria.


Berkarat
Sedangkan salah satu hydrant di lingkungan Setda Kendal juga rusak, tepatnya di sisi pojok gedung C. Menurut Ria, hydrant tersebut sudah tidak berfungsi, sudah berkarat dan drat pada selang sudah rusak.

"Dari empat titik hanya satu yang bagus. Karena debit airnya besar. Sedangkan yang lainnya debitnya kecil. Yang di alun-alun itupun tidak berfungsi sama sekali. Karena saat pembangungan peninggian di alun-alun, hydrant tidak diangkat. Sehingga sebagian terpendam. Selain itu kunci juga berbeda," terang Ria.

Sementara itu, lanjutnya, di Pasar Kendal dua hydrant yang ditempatkan di pojok timur dan barat pasar Kendal yang satu debit airnya kecil. 

 

Halaman
1 2
Reporter: Admin Jateng
Editor: Aji
Contributor: Haifanny
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler