Trafik Naik Hingga 300 persen, XL Perkuat Jaringan di Tujuh Kabupaten di Jawa Tengah

Sabtu, 1 Mei 2021 10:02 WIB

Share
PERBAIKAN: Salah satu BTS sedang diperbaiki teknisi. Foto: Ist

POSKOTAJATENG, DEMAK - Permintaan atas layanan telekomunikasi dan data XL Axiata wilayah Jawa Tengah bagian timur tumbuh pesat. Daerah bagian timur meliputi tujuh kabupaten/kota, yaitu Demak, Pati, Kudus, Jepara, Rembang, Grobogan, dan Blora. Dalam dua tahun terakhir, secara rata-rata trafik naik hingga 300 persen.

Dengan peningkatan tersebut, mereka berkomitmen untuk menyediakan jaringan infrastruktur dan layanan yang bisa memenuhi ekspektasi pelanggan di wilayah tersebut. Saat ini operator seluler tersebut memiliki sekitar 1.100 BTS yang tersebar di ketujuh kota/kabupaten tersebut, yang melayani total sekitar 1,2 juta pelanggan

Group Head Central Region XL Axiata, Bambang Parikesit mengatakan, tingkat mobilitas dan aktivitas ekonomi masyarakat di Jawa Tengah yang terus meningkat, mendorong pihaknya terus memastikan ketersediaan layanan telekomunikasi dan data yang mumpuni.

"Saat ini kami memiliki sekitar 1.100 BTS yang tersebar di ketujuh kota/kabupaten tersebut, yang melayani total sekitar 1,2 juta pelanggan," katanya, Jumat (30/4/2021).

Meningkatkan Kapasitas

Dia menyebutkan, sebanyak 78 persen dari total BTS merupakan BTS 3G dan 4G. Jaringan yang telah dijangkau ada 109 kecamatan yang ada di seluruh kabupaten, termasuk ke lebih dari 1.700 desa.

"Program fiberisasi terus dilakukan ke semua BTS yang ada guna meningkatkan kapasitas jaringan agar kualitas data menjadi maksimal," imbuhnya.

Dia menyebutkan, dalam dua tahun terakhir, trafik layanan data terus meningkat sekitar 300 persen dengan peningkatan tertinggi berada di Kabupaten Pati.

Potensi Trafik

Trafik ini berpotensi untuk terus meningkat, mengingat masyarakat Jawa Tengah pada umumnya juga semakin bergantung dengan berbagai layanan digital untuk mendukung produktivitas dan mendapatkan akses ke layanan hiburan.

Halaman
1 2
Reporter: Ade
Editor: Ade
Contributor: Andik Sismanto
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler