Jadi Lokus Stunting di Kendal, Chacha Sambangi Anak-anak di Bandengan

Kamis, 6 Mei 2021 20:38 WIB

Share
Chacha penuh kasih menggendong anak warga Bandengan, seraya bercanda dengan ibu-ibu. Foto: Haifanny

KENDAL, POSKOTAJATENG.CO.ID -  Ketua TP PKK Kabupaten Kendal, Wynne Frederica Dico Ganinduto atau akrab disapa Chacha mengunjungi anak yang berisiko stunting dan anak stunting di Kelurahan Bandengan, Kecamatan Kendal, Jawa Tengah, Kamis (6/5/2021). Bandengan adalah lokasi fokus (lokus) PKK Kendal dalam penanganan anak-anak stunting.


Menurut Chacha yang juga artis ibukota itu, stunting adalah kondisi anak yang mengalami pertumbuhan yang kurang baik, terjadi ketika masih berada di dalam kandungan. Kondisi ini diakibatkan oleh asupan ibu selama kehamilan yang kurang berkualitas sehingga nutrisi yang diterima janin sedikit.\


Istri Bupati Kendal Dico M Ganinduto hadir didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Ferinando Rad Bonay, Kepala UPTD Puskesmas Kendal II, drg Sahadatin dan Kepala Kelurahan Bandengan Sutarjo dan Bidan setempat serta perwakilan dari BKKBN.



Menurut Chacha, dengan asupan ibu yang kurang berkualitas sehingga nutrisi yang diterima janin menjadi sedikit dan pertumbuhan di dalam kandungan mulai terhambat dan terus berlanjut setelah kelahiran.

Tidak hanya itu stunting juga dapat terjadi pada anak masih di bawah umur dua tahun yang tidak diberikan ASI eksklusif maupun MP-ASI yang diberikan kurang mengandung zat gizi yang berkualitas. 

Chacha menambahkan, berbagai upaya terus digencarkan Pemerintah Kabupaten Kendal, melalui berbagai program penanggulangan stunting.

Diantaranya telah dicanangkan oleh setiap instansi terkait seperti pemberian pangan gratis, kampanye Gemarikan (Gerakan Makan Ikan) dan minum susu untuk anak sekolah hingga Pemberian Makanan Tambahan (PMT) , penyuluhan gizi, penyedian rumah sehat dan air bersih.

 

Ia menegaskan, sosialisasi stunting dan gizi anak tersebut bertujuan dalam meningkatkan informasi dan edukasi kepada seluruh kader posyandu mengenai stunting dan gizi anak.

“Sosialisasi ini merupakan langkah serius dalam mengedepankan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Kendal terutama kita fokuskan perkembangan pada generasi penerus bangsa,” kata Chacha.

Halaman
1 2 3
Reporter: Admin Jateng
Editor: Aji
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler