Megaproyek Tol Trans Jawa di Tuntaskan Oleh Jokowi

Kamis, 6 Mei 2021 12:07 WIB

Share

POSKOTAJATENG.CO.ID

Jalur tol biasanya akan selalu menjadi pilihan utama bagi para pemudik roda empat, terutama bagi para pemudik yang ada di Pulau Jawa.

Jalur tol yang ada di Pulau Jawa sendiri kini sudah semakin membaik, terlebih dengan adanya pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah dengan membangun jalan tol yang telah menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa atau Tol Trans Jawa.

Tol Trans Jawa membentang sepanjang kurang lebih 1.000 kilometer dan menghubungkan jalur Pelabuhan Merak, Cilegon, di Provinsi Banten sampai dengan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, di Provinsi Jawa Timur.

 

Salah satu fokus pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah ialah membangun jaringan jalan tol yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa atau Tol Trans Jawa.

Tol Trans Jawa membentang antara Pelabuhan Merak, Cilegon, di Provinsi Banten hingga Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, di Provinsi Jawa Timur, membentang sepanjang ±1.000 km.⁣

Pembangunan Tol Trans Jawa yang merupakan alternatif dari Jalur Pantura ini bukanlah sebuah perkara mudah. Pembangunannya telah dimulai sejak 1978 atau pada era kepemimpinan Presiden Soeharto. Namun, karena kondisi perekonomian negara yang kurang stabil, pembangunan Tol Trans Jawa tertunda selama beberapa tahun.⁣

 

Pada 2005, setelah dibentuknya Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), pembangunan jalan tol mulai dikebut. Setidaknya, terdapat sejumlah ruas tol yang telah difungsikan di mana Provinsi Banten, DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah telah tersambung.⁣

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler