Keren Abis! Lima Event Jawa Tengah Berhasil Masuk Kharisma Event Nusantara 2021

Jumat, 7 Mei 2021 09:49 WIB

Share
Event Festival Payung Indonesia di Klaten, Solo International Performing Arts dan Dieng Culture Festival masuk Kharisma Event Nusantara 2021. Foto-foto: Disporapar Jateng

SEMARANG, POSKOTAJATENG.CO.ID - Sebanyak lima event Jawa Tengah masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2021 Kemenparekraf RI. Kelima event tersebut yaitu Festival Payung Indonesia sebagai Event Terbaik Berbasis Teknologi dan Adaptasi, International Mask Festival dan Solo International Performing Arts sebagai Event Skala Internasional, Dieng Culture Festival sebagai Event Skala Nasional, dan Festival Kota Lama sebagai Event Reguler.


Berdasarkan waktunya, maka event terdekat yaitu International Mask Festival pada 11-12 Juni 2021. Keempat event lainnya akan digelar pada triwulan ke-3, yaitu Festival Payung Indonesia (3-5 September) di Klaten, Solo International Performing Arts (9-11 September), Dieng Culture Festival (10-12 September), dan Festival Kota Lama (15-25 September) di Kota Semarang.


''Sebelumnya, proses kurasi event berlangsung selama satu bulan mulai dari kelengkapan administrasi sampai presentasi yang dilaksanakan 2 sesi pada bulan Maret lalu,''  kata Kadisporapar Jateng Sinoeng N Rachmadi, melalui Kabid Pemasaran Pariwisata Setyo Irawan dalam rilisnya, Jumat (7/5/2021).



Adapun aspek-aspek yang menjadi penilaian selama proses kurasi antara lain aspek kreativitas berbasis teknologi digital dan inovasi, aspek kolaborasi berbasis potensi lokal dan pemberdayaan masyarakat, serta aspek adaptasi berbasis protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability).

83 Event

Berdasarkan aspek penilaian tersebut, telah terpilih 83 event yang mencakup 34 provinsi dan terbagi ke dalam 5 kategori, yakni Event Terbaik Berbasis Teknologi dan Adaptasi, Event Skala Internasional, Event Skala Nasional, Event Skala Regional, dan Event Reguler.

Dikutip dari siaran pers Kemenparekraf RI tentang peluncuran KEN 2021 pada Sabtu (10/4/2021) lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, menyebut program ini merangkum berbagai event yang ada di seluruh provinsi yang ada di Indonesia, dari tingkat provinsi hingga tingkat kelurahan dan desa. 



Sandiaga Uno menambahkan, bahwa KEN 2021 merupakan salah satu adaptasi dalam bingkai protokol kesehatan dan diharapkan dapat membangkitkan semangat para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, terutama para pelaku event yang terdampak oleh pandemi Covid-19. (Aji)

Reporter: Admin Jateng
Editor: Aji
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler