Lapas Kelas II B Kendal Gelar Pelatihan Barista bagi Warga Binaan 

Senin, 10 Mei 2021 10:09 WIB

Share
Kalapas Terbuka Kelas II B Kendal Rusdedy meninjau kegiatan pelatihan Barista di komplek Lapas. Foto: Haifanny

KENDAL, POSKOTAJATENG.CO.ID - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Terbuka Kelas II B Kendal, Jawa Tengah, menggelar Pelatihan Barista khususnya kopi untuk warga binaan lembaga pemasyarakatan di Lapas setempat, Minggu (9/5/2021). Acara yang dikemas sambil berbuka puasa tersebut, selain diikuti warga binaan, juga dihadiri puluhan awak media yang bertugas di Kendal.

Kepala Lapas Terbuka Kendal, Rusdedy dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dalam rangka silaturahmi Lapas Terbuka dengan para wartawan yang bekerja di Kendal, sekaligus memberikan pelatihan barista kepada warga binaan.

"Dengan pelatihan kepada warga binaan ini harapan kami, nanti setelah yang bersangkutan bebas bisa membawa bekal untuk membuat usaha di lingkungan masyarakat. Khususnya sebagai barista kopi," ujarnya.

 

Selain itu, dalam rangka pengembangan edukasi kepada masyarakat akan kopi khas Kendal, Rusdedy akan membangun kedai kopi yang diberi nama Cafe Late (Lapas Terbuka).
"Ya Insya Allah dalam waktu dekat kami akan membuka kedai kopi yang kami beri nama Cafe Late, di area Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal ini," ungkap Rusdedy.

Lapangan Kerja


Dikatakan dia, dengan Kedai Kopi Cafe Late ini nantinya, disamping bisa memberikan lapangan kerja buat warga binaan dan masyarakat sekitar Lapas, juga bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat akan kopi khas Kendal.



"Kendal kan ada Kopi Robusta, Kopi Arabika dan Kopi Liberika yang sudah mendunia. Ini harus kita edukasikan kepada masyarakat," tandasnya.


Sementara itu, Pelatih Barista, Slamet Prihatin mengatakan, profesi barista sekarang ini cukup menjanjikan dan membuat kaum milenial tertarik. 
"Jadi kalau mau jadi barista bisa belajar di beberapa tempat yang memang membuka kelas khusus belajar kopi," kata Lek Pri sapaan akrabnya.


Bukan hanya terbuka bagi para calon barista saja, namun kelas kopi ini juga bisa diikuti siapapun.
"Terutama orang-orang yang ingin mendalami ilmu perkopian atau ingin bisa menghadirkan kopi enak di rumah, atau menyajikan kepada orang lain," pungkas Lek Pri. (Haif)

Editor: Aji
Contributor: Haifanny
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler