Kakorlantas: 104.000 Kendaraan Diputarbalikkan, Terindikasi Melakukan Perjalanan Mudik

Selasa, 11 Mei 2021 10:59 WIB

Share
Kakorlantas Polri Irjen Istiono (pegang mic)

JAKARTA, JATENGPOSKOTA.CO.ID - Kakorlantas Polri Irjen Istiono mengungkapkan, ada penurunan secara signifikan volume kendaraan yang menuju ke arah Jawa Tengah. Hal ini terpantau saat hari keempat pelaksanaan Operasi Ketupat 2021.

Arus kendaraan menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur turun hingga 60 persen, setelah ada larangan mudik Lebaran selama 12 hari terhitung sejak 6-17 Mei, yang ditetapkan oleh pemerintah.

Selain itu, jenderal polisi bintang dua ini juge menjelaskan, selama empat hari pelaksanaan Operasi Ketupat 2021, total sekitar 104.000 kendaraan yang hendak mudik diputarbalikkan. Petugas dengan tegas melakukan itu, karena ada indikasi mereka melakukan mudik.

Angka penurunan volume kendaraan tersebut berdasarkan pantauan yang dilakukan Kakorlantas Polri bersama jajaran mulai dari Jakarta hingga Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Senin (10/5/2021).

Volume Kendaraan

"Berdasarkan pantauan hari ini, volume arus kendaraan menuju Jawa Tengah maupun Jawa Timur turun hingga 60 persen," kata Istiono, dikutip dari Tribunnews.com, Senin (10/5/2021) malam.

Tak hanya kendaraan yang menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur, arus kendaraan menuju Bandung, Jawa Barat juga turun sekitar 70 persen. Begitu juga dengan volume arus kendaraan yang menuju Sumatera, terlihat turun kurang lebih 41 persen.

 "Menuju arah Bandung turun lebih kurang 70 persen. Kemudian yang mengarah ke Sumatera turun lebih kurang 41 persen,” katanya. Selain itu, jenderal polisi bintang dua ini pun mengatakan, selama empat hari pelaksanaan Operasi Ketupat 2021, total sekitar 104.000 kendaraan yang hendak mudik diputarbalikkan.

Khusus untuk hari ini, kurang lebih 23.000  kendaraan diputarbalikkan petugas karena terindikasi mudik.

Menurut Istiono, arus lalu lintas saat ini didominasi kendaraan angkutan barang atau logistik. “Arus masih banyak didominasi oleh angkutan barang,” katanya. Ia pun mengatakan, dalam empat hari ini situasi arus lalu lintas secara keseluruhan dalam kondisi terkendali.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler