Warga Binaan Lapas Terbuka Kendal Makin Semangat Bekerja Usai Terima Remisi

Jumat, 14 Mei 2021 11:38 WIB

Share
Seorang warga binaan lapas terbuka Kendal tampak bersemangat bekerja di peternakan ayam. Foto: Haifanny

KENDAL, POSKOTAJATENG.CO.ID - Hari raya Lebaran biasanya dipergunakan oleh masyarakat untuk bersilaturrahim dan bermaaf-maafan bersama keluarga. Begitu juga dengan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas dan Rutan. Usai sholat Id, biasanya dimanfaatkan untuk menerima kunjungan keluarga.
Namun karena masih dimasa pandemi, saat ini layanan kunjungan di ganti dengan layanan melalui video call.


Suasana berbeda terjadi di Lapas Terbuka Kendal, Jawa Tengah, usai sholat Id dan menerima remisi khusus, para warga binaan dengan semangat langsung menuju ke tempat kerja masing-masing.


Yakni di perkebunan jagung, sawah, perikanan dan peternakan. Padahal saat suasana hari raya ini, mereka seharusnya libur dan diberikan waktu untuk menggunakan layanan video call.
Usut punya usut ternyata keinginan untuk langsung bekerja merupakan inisiatif dari para warga binaan itu sendiri.



Salah seorang WBP yang bekerja di tambak Udang milik Lapas, Sarifudin zukri mengaku, ini inisiatifnya sendiri. 
Menurutnya, ia dan rekan-rekan WBP lain merasa senang hari ini mendapatkan remisi.


"Ini inisiatif kami sendiri. Kami juga tidak meminta keluarga untuk mengantar makanan karena disini sudah banyak makanan” ungkapny kepada halosemarang.id, Kamis (13/4/2021).


Kaget


Kalapas Terbuka Kendal, Rusdedy mengaku kaget, melihat semangat para warga binaan bekerja. Ia tadinya berpikir mereka diperintah petugas untuk bekerja.
"Setelah saya tanya-tanya ternyata ini atas inisiatif mereka sendiri. Ini menunjukkan bahwa para Warga Binaan di Lapas ini sudah memiliki rasa tanggungjawab yang tinggi atas pekerjaan yang diperintahkan” kata Kalapas.

 

Hingga sore hari menjelang Maghrib, para warga binaan baru selesai bekerja.

Setelah itu, mereka langsung mempersiapkan diri untuk sholat magrib berjamaah di masjid AL- Hadi Kawasan Pembinaan Lapas Terbuka Kendal. (Haif)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler