Perahu Wisatawan Lebaran Terbalik di Waduk Kedung Ombo Boyolali, Diduga Kelebihan Muatan

Sabtu, 15 Mei 2021 15:46 WIB

Share
TERBALIK: Para penumpang perahu yang terbalik meminta pertolongan. Foto: Tangkapanlayar medsos

BOYOLALI, JATENGPOSKOTA.CO.ID- Liburan yang seharusnya selalu dengan tawa ceria, berubah menjadi tangis pilu di Waduk Kedung Ombo, Boyolali. Di hari kedua Idul Fitri, sebuah perahu yang mengangkut belasan wisatawan Lebaran terbalik Sabtu (15/5/2021) siang.

Peristiwa nahas terbaliknya perahu wisatawan Lebaran itu diduga karena kelebihan muatan. Peristiwa terjadi tempat wisata di Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali. Tempat wisata itu adalah Waduk Kedung Ombo yang dibangun Tahun 1985 silam.

Sebuah video amatir beredar di media sosial dan Group WA. Video tersebut diabadikan orang yang naik perahu tidak jauh dari kejadian tersebut. Nampak sejumlah penumpang di perahu yang terbalik itu berusaha berenang dan berpegangan pada badan perahu yang terbalik.

Kejadian berawal saat perahu tersebut jalan sekitar pukul 12.30 WIB. Sebelum menjangkau ke bagian tengah, perahu yang dinaiki antara 16-20 orang wisatawan tiba-tiba terbalik.

Waduk Terbesar

Humas Basarnas Jawa Tengah, Zulhawary membenarkan adanya kecelakaan air tersebut. "Kita masih terus memantau dari anggota," katanya.

Waduk Kedung Ombo merupakan salah satu waduk terbesar yang ada di Indonesia.Waduk ini terletak di tiga kabupaten sekaligus yakni Boyolali, Sragen, dan Grobogan.

Untuk sisi waduk yang berada di Bumi Sukowati, masuk Desa Ngargotirto, Kecamatan Sumberlawang. Sumber utama air di Waduk Kedung Ombo berasal dari pertemuan tiga sungai antara lain Sungai Uter, Sungai Kombo, dan Sungai Banjaran.

Adapun waduk ini dibangun pada 1985 silam. Saat itu pemerintah pusat ingin membangun waduk baru di Provinsi Jawa Tengah untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) berkekuatan 22,5 Megawatt (MW).  Tujuannya untuk bisa mengairi 70 hektare sawah di sekitarnya.

Dalam Pencarian

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler