Bupati Kendal Izinkan Gelar Tradisi Syawalan di Kaliwungu, Tapi Ada Syaratnya

Minggu, 16 Mei 2021 16:28 WIB

Share
LENGANG : Suasana masih lengang di area sekitar makam Sunan Katong di Desa Protomulyo Kaliwungu Selatan. Foto : Haifanny

KENDAL, POSKOTAJATENG.CO.ID - Tradisi Syawalan yang dilakulkan warga dengan ziarah ke makam para auliya di Kompleks Pemakaman Jabal, Desa Protomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, sudah menjadi tradisi yang biasa dilaksanakan usai Idul Fitri. Dan Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengizinkan tradisi Syawalan tetap berlangsung, tapi ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.


Di tengah masa pandemi Covid-19 yang belum usai, tradisi ziarah makam atau yang disebut Syawalan biasanya dikunjungi oleh peziarah dari berbagai kota, namun kali ini hanya diperbolehkan untuk peziarah hanya berasal dari lokal saja.
Berkaitan hal tersebut Pemerintah Kabupaten Kendal, tidak melarang warga Kendal, khususnya di Kaliwungu untuk berziarah ke makam auliya.


Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, pihaknya memperbolehkan warga sekitar Kaliwungu yang ingin berziarah ke makam.
"Kami mempersilakan masyarakat Kaliwungu dan sekitar untuk berziarah. Namun kami tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat," kata Bupati, Sabtu (15/5/2021).

 

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pantauan di lokasi Syawalan, untuk memastikan aturan protokol kesehatan tetap dipatuhi, sehingga tidak menimbulkan klaster baru Covid-19.

"Kami melalui Satgas Covid-19 setempat, akan melakukan pemantauan dalam kegiatan ziarah ini. Jika ada yang tidak mematuhi prokes ya akan kami tegur," ungkap Dico.


Pantau Prokes


Sementara itu, Kepala Desa Protomulyo Jumarno mengatakan, panitia penyelenggara serta Pemerintah Desa telah bekerjasama dengan Satgas Covid-19 tingkat desa, guna memantau penerapan protokol kesehatan di lokasi makam.

 

“Pemerintah desa sudah bekerjasama dengan satgas tingkat desa untuk mengingatkan peziarah agar selalu memakai masker, mencuci tagan dan menjaga jarak,” ujarnya.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler