Klenteng Sam Poo Kong Sempat Dikabarkan Terbakar, Ini yang Terjadi Sebenarnya

Senin, 17 Mei 2021 11:45 WIB

Share
MELELEH: Petugas keamanan sedang memadamkan api dari lilin yang meleleh. Foto: Dok

SEMARANG, JATENGPOSKOTA- Kota Semarang hari Senin pagi digegerkan dengan asap hitam tebal menghiasi langit ibu kota Jawa Tengah. Beberapa orang pun meyakini ada kebakaran besar, asap hitam yang membumbung terlihat sampai radius sepuluh kilometer.

Tidak beberapa lama media sosial, salah satunya dari WaG (Whatsapp Group) beredar video tentang kebakaran. ‘’Sam Poo Kong, Sam Poo Kong kebakaran, ini baru aja. Barusan lewat,’’ ujar seseorang yang merekam asap hitam membumbung dari dalam Sam Poo Kong.

Dalam waktu satu jam, kabar dari WaG beredar berantai. Beberapa nitizen pun banyak yang berkomentar tentang video tersebut. Sebagian besar meyakini ada kebakaran di destinasi wisata Kota Semarang yang terletak di Kelurahan Bongsari, Kecamatan Semarang Barat itu.

Terdengar suara sirine pemadam kebakaran meraung-raung saat perekam video tersebut  mengarahkan ke asap hitam yang terus mengepul.

Sisi Kanan

Perekam video tampaknya akan melintas samping kanan klenteng Sam Poo Kong. Ini terlihat dari rekaman yang diambil juga memperlihatkan salah satu toko modern yang ada. Toko bercat biru, merah, kuning itu memang berada di sisi kanan Sam Poo Kong jika dari arah Selatan.

Lalu, apakah benar bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama Islam yang bernama Zheng He/Cheng Ho itu terbakar?

‘’Bukan bapak, itu tempat pembakaran lilin yang menyala selama 1 tahun dari imlek ke imlek, tetapi karena genangan air dibawah lilin bocor sehingga airnya berkurang, mengakibatkan lelehan yang harusnya masuk ke air jadi ikut terbakar,’’ ujar salah satu petugas saat dikonfirmasi.

Lilin yang terbakar berada di sebelah barat patung raksasa Laksamana Ceng (Zenghe Admiral). Patung Cheng Ho sangat terkenal dan menjadi ikon klenteng Sam Poo Kong. Setiap pengunjung Sam Poo Kong pasti tidak akan melewatkan berswafoto di tempat tersebut.

Beberapa saat kemudian beredar video di medsos yang memperlihatkan petugas keamanan sedang berusaha memadamkan api di bawah atap. Ada yang mengguyur air dengan pasir, sementara salah seorang menyemprotkan air dari selang.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler