Jokowi: Saatnya Produk UMKM Didisplay di Tempat Wisata Srategis, Festival Joglosemar Dukung Gerakan BBI

Jumat, 21 Mei 2021 08:31 WIB

Share
JOGLOSEMAR : Menteri Perindustrian, Menparekraf, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menko Polhukam, Menteri Perhubungan saat membuka Festival Joglosemar secara simbolis di Taman Lumbini Kompleks TWCB. Foto: Harsono

MAGELANG, POSKOTAJATENG.CO.ID- Untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI), Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (Ditjen IKMA) menggelar Festival Joglosemar di Taman Lumbini, Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB), Kamis (20/5/2021).

Diketahui sebelumnya Festival Joglosemar sendiri diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, tanggal 14 Mei 2020  lalu sebagai bentuk dukungan terhadap industri Indonesia, khususnya artisan industri kecil dan menengah.

Sementara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI)  dilaksanakan untuk menaikkan jumlah unit artisan Indonesia menjadi 30 juta, kemudian meningkatkan permintaan produk ekonomi kreatif buatan artisan Indonesia, dan meningkatkan peran aktif Pemerintah Daerah, top brand, media masa, serta semua pihak untuk mendukung BBI.

Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita memaparkan, Festival Joglosemar bertujuan untuk meningkatkan jumlah Industri Kecil Menengah (IKM) yang onboarding di marketplace, menciptakan value creation bagi IKM dan meningkatkan produk Artisan.

Pertumbuhan Ekonomi

"Kami telah menargetkan 6,1 juta UMKM/UKM dan akan terus memberikan pembinaan bagi para pelaku IKM agar dapat berkontribusi mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui beberapa program salah satunya e-Smart IKM. Kami telah melatih sekitar 14 ribu para pelaku IKM di seluruh Indonesia," kata, Agus.

Sementara, Presiden Joko Widodo saat membuka Festival Joglosemar melalui virtual menegaskan, semua pihak harus ikut terlibat dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Ia meminta produk-produk UMKM diberikan tempat terdepan pada display.

"Produk UMKM harus lebih banyak mengisi di lokasi bandara (airport), rest area, tempat-tempat wisata yang strategis. Kalau perlu tempatkan di etalase terdepan," tegas, Jokowi.

Jokowi meyakini dengan berbagai upaya, pemulihan ekonomi nasional bakal terakselerasi. Pertumbuhan ekonomi juga bisa lebih merata dan UMKM bisa menjadi tulang punggung ekonomi nasional di masa yang akan datang.

Super Prioritas

Halaman
1 2
Reporter: Ade
Editor: Ade
Contributor: Yohanes Bagyo Harsono
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler