Pabrik Kaca Terbesar Asia Tenggara Dibangun di Kabupaten Batang, Ganjar; Lainnya Segera Menyusul

Jumat, 21 Mei 2021 11:16 WIB

Share
PERERSMIAN: Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat groundbreaking pabrik kaca di Kabupaten Batang, Kamis (20/5/2021). Foto: Dok

BATANG, JATENGPOSKOTA.CO.ID- Provinsi Jawa Tengah akan segera mendapat berkah dari pengembangan Kawasan Industri Terpadu Batang. Baru sembilan bulan kawasan ini disiapkan, sudah ada investor besar yang melakukan groundbreaking di kawasan ini.

Adalah KCC Glass, perusahaan kaca besar asal Korea Selatan. Pada Kamis (20/5/2021), KCC Glasses melakukan groundbreaking pabriknya di Kawasan Industri Batang dan digadang-gadang menjadi perusahaan kaca terbesar se Asia Tenggara.

Acara peletakan batu pertama itu dipimpin langsung oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Hadir pula dalam acara itu, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia H.E.Mr.Park Tae Sung, CEO KCC Glass, Mr Nae Hoan Kim, Bupati Batang dan jajaran kementerian lainnya.

"Saya tentu mengucapkan terimakasih pada semua pihak. Ini adalah kolaborasi yang baik antara pemerintah pusat, daerah dan pihak lain termasuk PTPN yang berperan besar di sini," kata Ganjar.

Kawasan Strategis

Dengan dibangunnya pabrik pertama di kawasan industri Batang, maka hal itu menjadi awal yang baik bagi pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah. Apalagi, kawasan ini merupakan kawasan yang strategis dan dibangun hanya membutuhkan waktu tak lebih dari setahun.

"Sejak awal dibahas sampai sekarang, ini baru sembilan bulan. Hari ini, lahir pertama pabrik di sini yakni KCC Glass. Setelah ini, tentu akan banyak perusahaan besar berkelas internasional yang akan menyusul," terangnya.

Usai KCC Glass, Ganjar mengatakan bahwa hari ini juga ada perusahaan besar yakni Nestle yang masuk di Batang. Dalam waktu dekat, ada perusahaan elektronik besar lainnya yakni LG yang juga segera membangun pabriknya di kawasan industri Batang.

Bidang Investasi

"Kemarin saya sudah bertemu pak Dubes Korea Selatan untuk Indonesia dan membahas untuk pengembangan kerjasama. Beliau siap membantu promosi kawasan industri Batang ke para investor Korea Selatan. Ke depan, akan kami tingkatkan kerjasama di bidang investasi baterai, smart farming dan juga ekonomi kreatif," pungkasnya.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler