Fenomena Gerhana Bulan Total 2021 Terjadi di Indonesia, Ini Daftar Wilayahnya 

Sabtu, 22 Mei 2021 06:05 WIB

Share
Gerhana Bulan Total

JAKARTA, JATENGPOSKOTA.CO.ID- Fenomena gerhana bulan total akan terjadi di Indonesia pada Rabu (26/5/2021) mendatang. Momen ini tentu sangat menarik bagi masyarakat, karena terjadi tidak setiap tahun.

Untuk diketahui, gerhana bulan total merupakan fenomena saat posisi bulan akan terhalang oleh umbra gelap bumi. Umbra adalah bayangan inti yang berada di bagian tengah sangat gelap pada saat terjadi gerhana bulan.

Dikutip dari situs resmi Lapan, masyarakat dapat menyaksikan fase gerhana sesuai wilayah. Lalu, apakah kalian bisa menyaksikan semua fase gerhana bulan total tersebut? Simak beberapa keterangan di bawah ini.


 Fase awal penumbra

Untuk fase awal penumbra gerhana bulan total dapat disaksikan di Papua dan Kepulauan Aru pada pukul 17.46 WIT.

Fase awal sebagian

Fase awal sebagian gerhana bulan total dapat disaksikan di Papua, Papua Barat, Maluku (kecuali Kepulauan Aru), Maluku Utara, Sulawesi Utara, sebagian Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan NTT pada pukul 17.44 WITA atau 18.44 WIT.

Fase awal total

Fase awal total gerhana bulan total dapat disaksikan di seluruh Indonesia kecuali di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan sebagian Riau. Masyarakat dapat melihatnya pada pukul 18.09 WIB, 19.09 WITA, atau 20.09 WIT.

Fase puncak gerhana

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler