Plt Camat Sukoharjo Dicopot, Buntut Gelar Halalbihalal dan Dangdutan yang Viral

Rabu, 26 Mei 2021 10:14 WIB

Share
Bupati Sukoharjo Etik Suryani. Foto: Ist

SUKOHARJO, POSKOTAJATENG.CO.ID – Bupati Sukoharjo Etik Suryani mencopot jabatan Pelaksana Tugas (Plt) Camat Sukoharjo, Havid Danang PW. Pencopotan dilakukan sebagai imbas pelanggaran Surat Edaran Bupati untuk tak menggelar halalbihalal di tengah pandemi Corona. Pencopotan ini merupakan buntut halalbihalal dan dangdutan yang dihadiri sang camat hingga viral di media sosial.


Diberitakan, sebuah video acara halalbihalal yang dihadiri camat dan lurah se-Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, viral di media sosial. Video itu membuat kontroversi karena Pemkab Sukoharjo sebelumnya mengimbau agar masyarakat tidak menggelar halalbihalal.


“Jabatan Plt Camat Sukoharjo kami copot dan dikembalikan ke jabatan definitifnya, yakni Lurah Gayam,” tegas Etik, didampingi Wakil Bupati, Agus Santosa, Senin (24/5/2021).
Menurutnya, yang dilakukan Plt Camat Sukoharjo tersebut telah mencoreng pemerintahan Kabupaten Sukoharjo. Untuk itu, agar mempermudah pemeriksaan yang dilakukan oleh Inspektorat, jabatan sebagai Plt Camat Sukoharjo dicopot.



Selanjutnya, pemkab akan memberikan pembinaan pada yang bersangkutan, agar ke depan lebih disiplin.
“Saya mengimbau seluruh ASN dan seluruh perangkat yang ada di lingkungan Pemkab Sukoharjo, tetap disiplin dan patuh apa yang sudah menjadi keputusan pemerintah,” tandas Etik.


Wakil Bupati Agus Santosa menambahkan, langkah yang diambil Pemkab Sukoharjo dengan mencopot jabatan Plt Camat Sukoharjo tersebut merupakan bentuk ketegasan. Menurutnya, pemkab tidak akan memberikan toleransi pada setiap tindakan yang tidak mencerminkan sikap pemerintah.



“Pencopotan jabatan ini merupakan bentuk ketegasan atas pelanggaran yang dilakukan. Terlebih, apa yang dilakukan oleh Plt Camat Sukoharjo adalah pelanggaran disiplin. Kami berharap semua pihak belajar dari kasus ini, dan tetap mengikuti apa yang sudah ditetapkan oleh pemerintah,” tandasnya.


Untuk sementara, Bupati Sukoharjo belum menunjuk pengganti Plt Camat Sukoharjo. Nantinya, Pemkab akan menunjuk pengganti jika sudah ada calon yang pas untuk posisi tersebut.(Aji/Jtp)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler