60 Produsen Data Komitmen Kuatkan Satu Data Informasi Pemerintah Kota Magelang

Sabtu, 29 Mei 2021 08:47 WIB

Share
KOMITMEN: Penandatanganan Komitmen Bersama Satu Data Kota Magelang tahun 2021. Foto: Harsono

MAGELANG, POSKOTAJATENG.CO.ID - Sebanyak 60 produsen data dari berbagai instansi vertikal, BUMN/BUMD, Perguruan Tinggi, rumah sakit dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Magelang, berkomitmen untuk turut memperkuat penyelenggaraan Satu Data Indonesia.

Komitmen itu diwujudkan dalam Penandatanganan Komitmen Bersama Satu Data Kota Magelang tahun 2021 di Aula Adipura kompleks kantor Wali Kota Magelang, Selasa (25/5/2021).

Penandatangan dilakukan oleh perwakilan produsesn data, disaksikan oleh Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz (Dokter Aziz), Wakil Wali Kota Magelang M Mansyur, dan Sekretaris Daerah Joko Budiyono, selaku tim pengarah penyelenggaraan Satu Data Informasi Kota Magelang.

Satu Data Indonesia merupakan amanat dari Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, yang telah diturunkan dalam Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 15 Tahun 2018 tentang Satu Data Informasi Pemerintahan Daerah.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominsta) Kota Magelang, Suryantoro memaparkan, Satu Data Informasi Pemerintahan Daerah adalah serangkaian kebijakan yang bertujuan untuk mewujudkan data yang beragam, akurat, mutakhir, terpadu, bermanfaat, akuntabel, dan berkesinambungan.

Satu Sistem

"Data tersebut terintegrasi dalam satu sistem informasi terpadu yang mudah diakses oleh pengguna data sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta pengendalian penyelenggaraan pemerintahan," jelas Suryantoro, Selasa (25/5/2021).

Dikatakan, hal tersebut membutuhkan komitmen dan kerjasama yang baik antara Pembina Data, Koordinator Data, Walidata dan segenap Produsen Data. Untuk itulah, lanjur Suryantoro, acara ini diselenggarakan untuk kembali memperkuat komitmen penyelenggaraan Satu Data Indonesia di tingkat daerah.

Suryantoro berharap, penandatanganan ini mencerminkan pelaksanaan Satu Data Informasi Pemerintahan Daerah, melalui portal data Kota Magelang yaitu DataGO dan Open Data Kota Magelang.

"Kami juga mengharapkan perhatian Bapak/Ibu terhadap kinerja Pengelola Data di instansi yang Bapak/Ibu pimpin agar dapat memenuhi kebutuhan data yang akurat dan tepat waktu," tegas Suryantoro.

Halaman
1 2
Editor: Ade
Contributor: Yohanes Bagyo Harsono
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler