Pengusaha Swalayan di Kendal Keluhkan Langkanya Uang Koin Pecahan Rp 100 dan Rp 200

Senin, 31 Mei 2021 13:37 WIB

Share
Ilustrasi uang pecahan Rp 100 dan Rp 200. Foto: Lp6

KENDAL, POSKOTAJATENG.CO.ID - Para pengusaha toko swalayan di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, mengeluhkan  kesulitan mendapatkan uang pecahan logam Rp 100 dan Rp 200, sehingga keberadaan uang receh dianggap langka.


Humas Kantor Cabang BRI Kendal, Santo, saat dikonfirmasi melalui telepon terkait dengan kelangkaan uang koin pecahan Rp 100 dan Rp 200 tersebut mengatakan, untuk stok uang receh pihaknya mengandalkan setoran kembalian dari nasabah yang memang saat ini agak jarang dan dari Kantor Cabang Koordinator (Kancako) melalui tambahan kas. 


"Sedang Kancako sendiri mendapat stok uang koin dari Bank Indonesia (BI). Maka dalam hal ini BRI Kendal hanya membantu perputaran uang saja di wilayah Kabupaten Kendal," terangnya, Minggu (30/5/2021).



Dijelaskan, kaitanya dengan himbauan pemerintah kepada masyarakat untuk menggunakan transaksi non tunai (cashless).
"Selain bermanfaat untuk mengurangi penggunaan uang kecil, juga bisa sebagai salah satu cara mengurangi penyebaran dan penularan virus Covid-19 melalui interaksi pembayaran tunai," jelas Santo.


Ditambahkan, Kantor Cabang BRI Kendal juga memberikan sudah memberikan fasilitas transaksi non tunai dengan menyediakan alat pembayaran dengan kartu ATM melalui EDC. 

 

Baik EDC merchant yang tersedia di toko-toko maupun melalui EDC yang ada di agen Brilink yang sudah tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Kendal.

"Selain itu, BRI juga sudah menyediakan kartu uang elektronik yaitu BRIZZI, yang bisa digunakan untuk pembayaran belanja maupun pembayaran tol," imbuh Santo.


Susah Dicari


Sebelumnya, salah seorang pengusaha toko swalayan, sebuah saja DS, yang beralamat di jalan Soekarno-Hatta Kendal, yang mengaku sejak menjelang lebaran sampai sekarang, uang pecahan Rp 100 dan Rp 200 susah dicari 
"Seakan sudah menghilang dari pasaran. Ini yang membuat saya kebingungan," ujarnya.
Ia pun mengaku sudah berusaha mencari pecahan uang koin Rp 100 dan Rp 200 kesana kemari. 

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler