Mal Pelayanan Publik Wujud Nyata Reformasi Birokrasi, Menpan-RB Tjahjo Kumolo Hadir di Kabupaten Kendal

Rabu, 2 Juni 2021 18:09 WIB

Share
PERESMIAN: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Tjahjo Kumolo didampingi Gubernur Ganjar Pranowo dan Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat peresmian MPP. Foto: Haifanny

KENDAL, POSKOTAJATENG.CO.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Tjahjo Kumolo hadir dan meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Kendal, Rabu (2/6/2021).

Menpan-RB hadir didampingi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, beserta Bupati dan Wakil Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dan H Windu Suko Basuki dan jajaran Forkopimda Kendal.

Acara digelar di halaman Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kendal, Rabu (2/6/2021).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sambutannya berharap, nantinya seluruh daerah di Jawa Tengah bisa membuat Mal Pelayanan Publik. Langkah itu merupakan wujud nyata melayani masyarakat dengan murah, mudah dan cepat dalam semua hal, termasuk perizinan.

Pandemi Momentum

"Mal Pelayanan Publik merupakan wujud nyata mewujudkan reformasi birokrasi. Dengan cara ini, maka tujuan negara melayani masyarakat bisa terwujud," kata Ganjar, seraya mendorong semua daerah meningkatkan aplikasi pelayanan publik pada masyarakat. Pandemi Covid-19 menurutnya menjadi momentum untuk mewujudkan itu.

"Karena pandemi, jadi ini momentum untuk meningkatkan pelayanan publik. Tidak perlu bertemu atau datang ke kantor, pengembangan aplikasi-aplikasi pelayanan publik harus terus didorong," tandasnya.

Dalam hal perizinan, Ganjar meminta semua daerah proaktif jemput bola pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Sebab menurutnya, banyak pelaku UKM yang belum punya legalitas dan mereka tidak memahami cara pengurusan izin. "Harus proaktif jemput bola. Izin-izin UKM harus didorong karena saat ini banyak masyarakat yang menggeluti bidang ini," ujar Ganjar.

Sementara itu, Menpan-RB, Tjahjo Kumolo mengatakan, dengan adanya MPP ini, diharapkan mampu memberikan kemudahan investasi di Kendal. ‘'Di antaranya kemudahan perizinan bagi investor yang akan masuk ke Kendal," kata Menpan-RB.

Pelayanan Publik

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler