Info CPNS Jawa Tengah Terbaru, Ada 11.347 Lowongan, Paling Banyak untuk P3K Guru

Kamis, 3 Juni 2021 14:37 WIB

Share
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Tengah Wisnu Zaroh . Foto: Dok

SEMARANG, POSKOTAJATENG.CO.ID - Pengumuman ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau sekarang lebih dikenal dengan Calon Aparatur Sipil  Negara (CASN) adalah salah satu informasi yang ditunggu-tunggu. Para calon ASN perlu mengetahui seperti apa kuotanya.

Untuk tahun ini, para guru yang sudah masuk dalam daftar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerjasa atau P3K, memiliki peluang besar untuk diangkat menjadi PNS atau ASN. Pasalnya, tahun 2021 ini di Jawa Tengah dari alokasi Calon Aparatur Sipil  Negara (CASN) untuk P3K, sebanyak 11.347 lowongan, 10.819 di antaranya diperuntukan bagi P3K guru.

Sisanya, 525 posisi untuk P3K tenaga kesehatan dan tiga posisi untuk tenaga teknis. Sementara itu, sisanya 301 lowongan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Tengah Wisnu Zaroh menjelaskan, tahun ini perbandingan cukup jauh sekali, untuk tenaga P3K itu hampir 96 persen.

"Dari total lowongan CASN 2021, lowongan untuk PPPK tenaga guru paling banyak. Total lowongan PPPK untuk guru mencapai 10.819, kemudian tenaga kesehatan PPPK 525 posisi dan PPPK tenaga teknis sejumlah tiga orang," jelasnya, Kamis (3/6/2021).

Lebih Banyak

Ia mengatakan, perekrutan PPPK yang lebih banyak, sesuai dengan kebijakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi. Di masa depan, harapannya rasio perbandingannya adalah 70 persen untuk PPPK berbanding 30 persen untuk PNS.

"Dalam sistem penerimaan CASN 2021 dilakukan dengan ujian. Hal itu berlaku baik untuk lowongan CPNS ataupun PPPK. Namun, untuk lowongan PPPK tidak ada pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD," imbuhnya.

Ia menjelaskan, skema perekrutan PPPK langsung menggunakan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Semua tahapan, mulai dari pendaftaran hingga pelaksanaan ujian dan pemberkasan dilakukan online.

"Mereka yang ikut dalam seleksi PPPK adalah mereka para profesional yang telah memunyai kemampuan kerja sebelumnya," tambahnya.

Tenaga Profesional

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler