BMKG : Akhir Pekan 14 Wilayah di Indonesia Terjadi Cuaca Ekstrem Hujan Deras

Sabtu, 5 Juni 2021 11:35 WIB

Share
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ingatkan potensi hujan lebat di pegunungan Sumatera Utara. (Foto: Antara)

SEMARANG, POSKOTAJATENG.CO.ID- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan terjadi cuaca ekstrem dengan curah hujan sedang hingga lebat di 14 wilayah di Tanah Air pada akhir pekan ini Sabtu (5/6/2021).

"Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau badai petir serta angin kencang di berbagai wilayah Indonesia," demikian pernyataan Kedeputian Bidang Meteorologi BMKG, Sabtu (5/6/2021).

Adapun 14 wilayah itu yakni di kawasan Aceh, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Lampung, Maluku, Papua, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Sumatera Barat.

Sementara untuk pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari barat daya hingga barat laut dengan dengan kecepatan angin berkisar 8-20 knot.

Gelombang Tinggi

Suhu udara pada hari ini berkisar mulai dari 20 derajat hingga 34 derajat Celsius dengan kelembaban udara 55 - 100 %.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar 8-25 knot.

Waspada adanya tinggi gelombang lebih dari 2,5 meter yang berpeluang terjadi di Perairan utara Sabang dan Selat Sunda bagian selatan.

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler