78 Warga Karangsari Kendal Terpapar Covid-19, Satu RT Di-lockdown 14 Hari 

Selasa, 8 Juni 2021 20:19 WIB

Share
LOCKDOWN: Pengumuman lockdown di salah satu gang pemukiman di Kelurahan Karangsari Kendal. Foto: Haifanny
LOCKDOWN: Pengumuman lockdown di salah satu gang pemukiman di Kelurahan Karangsari Kendal. Foto: Haifanny

KENDAL, POSKOTAJATENG.CO.ID - Sebanyak 78 warga Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota Kendal, Jawa Tengah diduga terpapar Covid-19.  Akibatnya, Pemerintah Kelurahan setempat memberlakukan lockdown di RT 1/RW 4 yang memiliki jumlah penderita terbanyak yaitu 70 warga, sedangkan delapan warga  yang positif lainnya ada di RT 5/RW 3. Lockdown mulai diberlakukan sejak Selasa (8/6/2021) hingga 14 hari ke depan. 


Diduga kuat, mereka terpapar saat melakukan takziah menggunakan bus yang disewa, dan di dalamnya ada salah seorang warga yang sakit flu dan batuk, tanpa menggunakan masker. 


Akibatnya, seluruh penumpang dalam rombongan tersebut tertular.
Lurah Karangsari, Gatot Tunggul Wulung membenarkan, mulai hari ini, Selasa (8/6/2021), Karangsari di-lockdown selama 14 hari ke depan. 



"Lockdown ini menyusul setelah diketahui 78 warga yang positif Covid-19. Delapan warga di antaranya tinggal di RT 5 / RW 3," kata Gatot. 


Dapur Umum


Dijelaskan, selama lockdown, pihak Satgas PPKM Mikro Kelurahan Karangsari membuka dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makan warga. 
"Untuk kebutuhan logistik dapur, kami mendapatkan bantuan dari Baznas Kendal," ujarnya.



Diungkapkan oleh Gatot, awalnya ada warga yang melaporkan ke kelurahan, karena merasa curiga, warga satu kampung merasakan meriang dalam waktu bersamaan. 


Kemudian setelah dilakukan tes swab oleh petugas Puskesmas setempat, dua warga dinyatakan positif Covid-19. Keduanya kini dirawat di RS Suwondo dan RS Charlie Hospital. 


Ditambahkan, awalnya puskesmas melakukan tracing dan tes swab kepada warga yang kontak erat dan hasilnya ada 78 warga yang positif. 
"Bagi warga yang positif tanpa gejala melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing," imbuh Gatot.



Rencananya, Rabu besok (9/6/2021) akan melakukan tes swab susulan, karena dari 150 warga, masih ada sekitar 40 warga yang belum melakukan swab. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler