Pemerintah Indonesia Tidak Berangkatkan Jamaah Haji Tahun 2021, Begini Alasannya

Selasa, 8 Juni 2021 09:43 WIB

Share
Situasi Masjidil Haram Mekah, Arab Saudi, Selasa (8/6/2021) pagi. Foto: Tangkapanlayar Alqurantv

SEMARANG, JATENGPOSKOTA.CO.ID - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan bahwa pemerintah tidak memberangkatkan jamaah haji Indonesia 1442 H/2021 M. Dengan demikian, sejak adanya pandemic Covid-19 sudah dua kali Jamaah haji Indonesia tidak bisa berangkat ke Tanah Suci Mekah.

Pemerintah beralasan, pihaknya masih mengutamakan keselamatan dan mengedepankan keselamatan masyarakat. Apalagi pandemi Covid-19 yang malanda dunia masih mengkhawatirkan.

“Karena masih pandemi dan demi keselamatan jemaah, Pemerintah memutuskan bahwa tahun ini tidak memberangkatkan kembali jamaah haji Indonesia,” kata Yaqut dalam telekonferensi dengan media di Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Arab Saudi

Selain itu, pembatalan keberangkatan jamaah haji juga berasal dari pemerintah kerajaan Arab Saudi yang sudah memberikan informasi tidak membuka ibadah haji tahun ini. "Pemerintah Arab Saudi belum membuka layanan haji," terang Yaqut.

Sebelumnya, informasi Indonesia dapat atau tidak kuota haji 2021 masih simpang siur. Hingga kini, pemerintah Arab Saudi belum mengumumkan secara resmi.

Di sisi lain, Saudi hanya membolehkan jamaah yang sudah disuntik vaksin bersertifikasi dari BPemerintah Indonesia, Jamaah Haji, Jamaah Haji Indonesia 1442 H, Pandemi Covid-19, Alasannyaadan Kesehatan Dunia atau WHO untuk berhaji. Sedangkan, vaksin Sinovac yang mayoritas dipakai jamaah asal Indonesia belum mendapatkan izin.

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler