Chacha Ajak Kadernya untuk Sosialisasikan Pencegahan Stunting di Kendal

Rabu, 9 Juni 2021 19:59 WIB

Share
Suasana rapat PKK Kabupaten Kendal yang dipimpin Ketua TP PKK Wyne Frederica melalui virtual. Foto: Haifanny

KENDAL, POSKOTAJATENG.CO.ID  - Persoalan stunting (bermasalah dalam pertumbuhan/kuntet) menjadi perhatian serius Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Itu sebabnya Ketua TP PKK Kendal, Wynne Frederica mengajak kadernya untuk intens menyosialisasikan pencegahan stunting di wilayah Kendal.


Ajakan istri Bupati Kendal Dico M Ganinduto yang akrab disapa Chacha ini disampaikannya dalam rapat  melalui virtual yang disaksikan perwakilan pengurus PKK Kendal di Ruang Ngesti Widhi, Rabu (9/6/2021).


Disampaikan, Chacha, angka stunting di Kendal perlu diwaspadai. Menurutnya, stunting menunjukkan kekurangan gizi kronis yang terjdi selama periode paling awal pertumbuhan dan perkembangan anak.



"Jadi tidak hanya maaf, tubuh pendek, stunting memiliki banyak dampak buruk bagi anak. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak aspek, mulai dari aspek pendidikan hingga ekonomi. Stunting sangat penting untuk dicegah. Hal ini disebabkan oleh dampak stunting yang sulit untuk diperbaiki dan dapat merugikan masa depan anak," paparnya.


Selain Chacaha, melalui virtual, dr Mesty Ariotedjo selaku spesialis gizi dan nutrisi mengatakan, Stunting dapat mempengaruhinya dari ia kecil hingga dewasa. 



Menurut Mesty, dalam jangka pendek, Stunting pada anak menyebabkan terganggunya perkembangan otak, metabolisme tubuh, dan pertumbuhan fisik. 


"Sekilas, proporsi tubuh anak Stunting mungkin terlihat normal. Namun, kenyataannya ia lebih pendek dari anak-anak seusianya," terangnya.
Dijelaskan dia, seiring dengan bertambahnya usia anak, beberapa penyebab terjadinya Stunting diantaranya, kecerdasan anak di bawah rata-rata sehingga prestasi belajarnya tidak bisa maksimal.



Selain itu, lanjut Mesty, sistem imun tubuh anak tidak baik sehingga anak mudah sakit. Kemudian anak akan lebih tinggi berisiko menderita penyakit diabetes, penyakit jantung, stroke, dan kanker.
"Dampak buruk stunting yang menghantui hingga usia tua membuat kondisi ini sangat penting untuk dicegah. Gizi yang baik dan tubuh yang sehat merupakan kunci dari pencegahan stunting," ungkapnya.


Kandungan Nutrisi


Untuk itu, dalam rangka mencegah, ada beberapa hal yang harus diingat. Dantaranya,  mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan selama hamil dan selama menyusui.
"Kemudian, emberikan nutrisi yang baik kepada si kecil, seperti memberikan ASI eksklusif dan nutrisi penting lainnya seiring pertambahan usia anak," imbuh Mesty.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler