Kamis Hari Ini 10 Juni Ada Gerhana Matahari Cincin, Ini Dia yang Patut Diwaspadai 

Kamis, 10 Juni 2021 12:42 WIB

Share
Penampakan gerhanan matahari cincin. Foto: nuonline

JAKARTA, POSKOTAJATENG.CO.ID - Gerhana Matahari Cincin akan terjadi pada Kamis (10/6/2021) hari ini. Sejumlah daerah diperkirakan bisa mengamati fenomena alam tersebut.


Berdasar laporan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyebutkan, gerhanan matahari cincin tidak bisa diamati dari Indonesia. Dan hanya bisa diamati dari wilayah Kutub Utara.


"Gerhana matahari cincin tidak dapat diamati dari Indonesia, hanya bisa diamati dari wilayah di sekitar kutub utara," kata Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lapan Emanuel Sungging Mumpuni, Rabu (9/6/2021), seperti dikutip Okezone, Kamis (10/6/2021) hari ini.



Fenomena yang terjadi bertepatan dengan fase bulan baru pada 10 Juni 2021 itu hanya dapat disaksikan di Pulau Ellesmere dan Baffin di Kanada serta kawasan Siberia di Rusia dengan ketampakan maksimum terjadi pada pukul 17.43 WIB.

 

Jangan Langsung


Saat terjadi gerhana total, sebagian, atau gerhana cincin kita tidak boleh mencoba mengamati dengan mata telanjang.
Alasannya, melihat langsung gerhana matahari penuh atau sebagian dapat menyebabkan kerusakan mata permanen. ARPANSA merekomendasikan melihat gerhana secara tidak langsung.



Teknik paling aman untuk melihat gerhana matahari adalah dengan tidak menyaksikan  secara langsung. Misalnya, kita dapat dengan mudah memproyeksikan gambar matahari ke layar atau kita dapat melihat streaming langsung di TV atau online.


Khususnya mata anak-anak yang sangat halus dan mengirimkan lebih banyak cahaya ke retina. Hal ini membuat mata anak-anak lebih rentan terhadap kerusakan akibat cahaya yang intens.

 

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler