Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Kabupaten Magelang Gelar Gerakan Merti Kali Elo

Kamis, 10 Juni 2021 05:47 WIB

Share
GERAKAN: Kegiatan Gerakan Merti Kali Elo 2021 diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat. Foto: Harsono

MAGELANG, POSKOTAJATENG.CO.ID- Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Lingkungan Hidup  (DLH) bekerja sama dengan berbagai pihak menggelar kegiatan Gerakan Merti Kali Elo, Rabu (9/6/2021).

Dengan mengangkat tema 'Restorasi Ekosistem melalui penanaman pohon di bantaran Kali Elo, penebaran bibit ikan, dan kerja bakti bersih sungai diharapkan kegiatan ini mampu memberikan sumbangsih yang besar untuk melestarikan lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang, Sarifudin dalam laporannya mengatakan bahwa, peserta kegiatan Merti Kali Elo berasal dari instansi pemerintah, swasta, masyarakat dan penggiat lingkungan di Kabupaten Magelang. "Kegiatan ini dimulai dari Dusun Pare, Blondo dan berakhir di Dwi Gangga, Mendut," jelas, Sarifudin.

Bupati Magelang melalui, Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto dalam sambutannya mengatakan, tahun ini Hari Lingkungan Hidup mengambil tema 'Restorasi Ekosistem' dengan memfokuskan pada aksi mitigasi bencana akibat perubahan iklim dan menjaga keanekaragaman hayati.

Mengubah Pola

"Ada nuansa filosofis dari tema yang diangkat kali ini, yaitu waktu yang telah berlalu tidak dapat kita kembalikan, namun saat ini dan masa yang akan datang, kita dapat menanam pohon, menghijaukan alam dan lingkungan, mengubah pola konsumsi, membersihkan sungai serta berbagai aktivitas positif lainnya dalam menjaga dan merawat lingkungan," kata, Adi.

Menurutnya, Kali Elo ini merupakan salah satu bentuk ekosistem dimana terjadi hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya yang saling mempengaruhi dan saling membutuhkan. Kali Elo juga merupakan salah satu sumber daya alam yang banyak dimanfaatkan di Kabupaten Magelang.

"Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya alam secara sustainable dengan mempertimbangkan kondisi dan keseimbangan lingkungan," tutur, Adi.

Sementara, Ketua Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kabupaten Magelang, Saryan Adi Yanto mengatakan, paguyuban operator rafting Kabupaten Magelang mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Kabupaten Magelang, dalam hal ini terwakili oleh Dinas Lingkungan Hidup untuk bersinergi melakukan tugas peduli terhadap alam.

"Kami mewakili teman-teman menyampaikan terimakasih yang sebesar besarnya. Dan tentu harapan ini di tahun yang akan datang, kami dari FAJI dan Paguyuban Arung Jeram Kabupaten Magelang siap bersinergi dengan pemerintah dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan dan kelestarian ekosistem air," kata, Saryan. Son

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler