51 Warga Karangsari Kendal yang Kontak Erat dengan Pasien Covid-19, Jalani Tes Swab Susulan

Jumat, 11 Juni 2021 09:21 WIB

Share
Warga Kelurahan Karangsari Kendal menjalani tes swab susulan. Foto: Haifanny

KENDAL, POSKOTAJATENG.CO.ID -  Sebanyak 51 warga RT1 / RW4, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kendal Kota, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, menjalani tes swab susulan yang dilakukan petugas Puskesmas Karangsari, Kamis (10/6/2021). Ke-51 warga tersebut mayoritas warga sekitar yang diduga kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi Covid-19.


"Ada 40 warga yangdites swab susulan hari ini, karena mereka  sebelumnya tidak hadir saat dilakukan tes swab. Di luar itu, ternyata ada tambahan 11 orang yang diikutkan tes swab di sini. Sehingga total yang ikut tes swab jadi 51 orang," kata Lurah Karangsari Gatot Tunggul Wulung, saat ikut memantau  pelaksanaan tes swab.


Dalam tes tersebut, terlihat kecuali orang dewasa,  tampak diantaranya yang juga ikut dites swab adalah anak-anak.
Gatot menambahkan, total keseluruhan warga yang telah menjalani tes swab ada sebanyak 161 orang. Diantaranya pelaksanaan tes swab yang sebelumnya telah dilakukan kepada 110 orang.

 

"Total warga Karangsari yang sudah menjalani tes swab ada 161 orang, yang terdiri atas 150 warga RT1/ RW4 dan yang 11 orang dari luar,'' ujarnya.
Kronologis kasus terpapar Covid-19 di RT 1 ini terjadi ketika  dua orang warga yang diduga sakit ikut bersama warga lainnya takziah ke wilayah Kelurahan Jotang, Kendal, dalam satu rombongan menggunakan armada bus yang hanya berkapasitas 20 orang.


Dari situ kemudian muncul klaster Takziah Covid-19 di  RT/RW 4 desa Karangsari. Kemudian warga melaporkan jika ada warga yang sakit dengan gejala demam, batuk dan pilek.



"Dari rombongan warga yang naik bus takziah ini muncul klaster Covid-19. Kami dapat laporan ada warga yang sakit dengan gejala demam, batuk dan ada yang pilek. Lalu kami tindaklanjuti dengan dilakukan tes swab," tambahnya. (Haif)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler