Tingkatkan PADes, Pemdes Cepiring Kendal Mulai Menggali Potensi Desa

Jumat, 11 Juni 2021 16:46 WIB

Share
Rapat desa untuk membahas upaya Pemdes Cepiring meningkatkan PADes. Foto: Haifanny

KENDAL, POSKOTAJATENG.CO.ID - Guna meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) Cepiring, Kecamatan Cepiring, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, pemerintah desa bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan beberapa unsur lain, dilibatkan untuk menggali potensi yang ada di desanya. 


Kepala Desa Cepiring, Ayek Ahmad mengatakan, selain itu, pihaknya juga akan menggandeng pihak ketiga untuk membangun ruko pasar Desa Cepiring di depan pasar sepeda atau pasar burung.
"Nantinya kita buatkan perjanjian. Biasanya perjanjian 10-20 tahun, namun kali ini kita buat hanya tujuh tahun saja. Dengan dibiayai semua oleh pihak ketiga," jelasnya, Kamis (10/6/2021).


Menurut Ayek, jika sudah berjalan, nantinya pihak pemerintah desa akan mendapatakan pendapatan aset desa sebesar Rp 300.000.000.(tiga ratus juta rupiah) di atas tujuh tahun nanti.



Ditandaskan dia,  uang tersebut dihasilkan dari 42 ruko yang ada, kemudian akan langsung masuk ke kas desa. 
“Karena setiap desa itu memiliki potensi SDA berbeda-beda. Jika Pemdes mampu menggali potensi tersebut, dan menggarapnya serta menggelolanya dengan baik maka bisa mendatangkan PADes," ungkap Ayek.


Dia menjelaskan, dengan diberikan kewenangan untuk mengatur wilayah desa sendiri. Desa pun juga sudah dapat mengembangkan perekonomian desa. Ayek pun mengungkapkan, Desa Cepiring berada jalur pantura memiliki aset kurang pemanfaatannya, ia pun mengaku siap tidak populer.
"Namun demi kemajuan desa, saya akan lakukan demi kemaslahatan warga desa Cepiring lebih baik," ujarnya. (Haif)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler