Bayar Zakat Fitrah Sebelum Menjalankan Sholat Id, Inilah Bacaan Niatnya 

Selasa, 11 Mei 2021 09:58 WIB

Share
Ilustrasi zakat fitrah.

SEMARANG, JATENGPOSKOTA.CO.ID- Rukun Islam ada lima, pertama syahadat, sholat, zakat, puasa dan haji. Di bulan Ramadan ini, rukun Islam ketiga yakni membayar zakat menjadi perhatian umat Islam.

Ada dua zakat di dalam Islam, yakni zakat fitrah dan maal. Zakat fitrah ditunaikan umat Islam pada saat bulan Ramadan dimana batas akhir pembayaran adalah sebelum menjalankan sholat Idul Fitri pada 1 Syawal.

Adapun zakat maal adalah zakat harta kekayaann atau harta benda yang jenisnya banyak, dan masing-masing memiliki tatacara dan syarat tertentu.

Dalam artikel ini, akan kita sampaikan niat zakat fitrah. Sebagaimana ibadah lainnya, seperti sholat, puasa dan haji, ibadah zakat ini juga harus diniati. Karena memang niat adalah salah satu hal yang harus diperhatikan dalam mengerjakan sesuatu. Karena niat akan menjadi penentu sah atau tidaknya pekerjaan atau amalan yang telah dibuat.

Bulan Ramadan

Zakat fitrah dapat disalurkan dari awal bulan Ramadan, hingga sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri. Tujuannya adalah sebagai penyucian jiwa dan juga bentuk solidaritas kepada sesama muslim. Tentunya segala yang dilakukan tersebut, dengan niat mengharapkan keridhaan Allah SWT.

Berikut beberapa lafaz niat zakat fitrah; latin dan artinya

1. Niat Zakat Fitrah untuk diri sendiri

 (Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an nafsi fardhan lillahi ta’ala)

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri, fardu karena Allah Ta‘ala”

Halaman
1 2 3
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler