UHC Tertinggi di Jawa Tengah, 126.281 Warga Kota Magelang Jadi Peserta JKN-KIS 

Kamis, 10 Juni 2021 06:06 WIB

Share
SERTIFIKAT: Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Jawa Tengah dan DIY, Dwi Martiningsih, menyerahkan sertifikat UHC kepada Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz. Foto: Harsono

MAGELANG, POSKOTAJATENG.CO.ID- Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang menerima sertifikat kepesertaan Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS Kesehatan Kedebutian Wilayah Jawa Tengah dan DIY karena sudah mencapai 99,13 persen per 4 Juni 2021.

Capaian ini artinya sebanyak 126.281 jiwa dari total penduduk Kota Magelang yang berjumlah 127.394 jiwa telah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)

Sertifikat diserahkan oleh Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Jawa Tengah dan DIY, Dwi Martiningsih, kepada Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz di halaman kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang, Rabu (9/6/2021).

Dwi Martiningsing pada kesempatan itu mengapresiasi Pemkot Magelang karena capaian itu menandakan adanya dukungan dan komitmen yang sungguh-sungguh dalam pelaksanaan program JKN-KIS, khususnya di Jawa Tengah.

Sejahterakan Warga

"Ini menunjukkan bahwa Kota Magelang memiliki komitmen yang tinggi, dan memiliki niat yang tulus untuk mensejahterakan warganya," kata Dwi.

Dwi menyebutkan, dari angka tersebut maka warga Kota Magelang yang belum menjadi peserta JKN-KIS sebanyak 1.113 jiwa atau 0,89 persen.

Menurut Dwi, pemerintah tidak menginginkan warganya tidak memiliki jaminan kesehatan saat sakit. Oleh karena itu, capaian UHC merupakan persoalan yang serius. Program ini sangat baik dan perlu dukungan Pemerintah Daerah dan memiliki manfaat yang tinggi.

Ditambahkan, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJM 2020-2024, bahwa pemerintah menetapkan UHC minimal 98 persen penduduk terdaftar dalam Program JKN pada tahun 2024. Selain Kota Magelang, daerah di Jawa Tengah dengan UHC tertinggi kedua adalah Kota Semarang yakni 95,45 persen.

Kekompakan OPD

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler