Rengkuh Piala FA, Klopp Pelatih Terbaik Sepanjang Masa di Liverpool

Minggu, 15 Mei 2022 15:20 WIB

Share
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp saat melakukan selebrasi bersama trofi juara Piala FA 2022. Foto: Xinhua
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp saat melakukan selebrasi bersama trofi juara Piala FA 2022. Foto: Xinhua

LONDON, JATENG.POSKOTA.CO.ID - Liverpool merengkuh gelar juara Piala FA 2021/2022, setelah dalam babak final menumbangkan Chelsea melalui drama adu penalti 6-5 di Stadion Wembley, London, Sabtu malam 13 Mei 2022. Adu penalti dilaksanakan setelah kedua tim dalam waktu normal dan perpanjangan waktu hanya bermain imbang 0-0.


Jurgen Klopp, sang arsitek menjadi manajer sekaligus pelatih  terbaik dalam sejarah Liverpool, karena dirinya sudah memberikan semua gelar juara liga domestik dan Eropa pada The Reds.

Juru racik berkebangsaan Jerman itu membawa Liverpool memenangi Liga Champions pada tahun 2019. Lalu satu tahun berikutnya ia membawa The Reds menjuarai Liga Inggris. Klopp pada musim ini berhasil menjuarai Carabao Cup. Lalu terakhir dia, membawa Liverpool menjuarai FA Cup, sehingga ia sudah memenangkan semua trofi mayor untuk Liverpool.


Bob Paisley, manajer legendaris Liverpool tidak sanggup menjuarai FA Cup dalam kariernya. Jadi Klopp berhasil melewati capaian sang manajer top itu.
Opta juga mencatat bahwa kemenangan Liverpool di FA Cup ini tergolong langka. Karena ini kali pertama dalam 21 tahun Liverpool memenangkan dua gelar domestik ganda.


Terakhir kali Liverpool memenangkan gelar Piala Liga dan FA Cup terjadi pada tahun 2001 silam. Pada saat itu Si Merah ditangani oleh sosok Gerard Houllier.
Klopp merasa bangga dengan apa yang diperagakan oleh para pemainnya di laga puncak Piala FA. Meskipun demikian, dia tak menampil kehebatan Chelsea.


“Luar biasa, itu gambaran laga melawan Chelsea. Pemain  kami  pantas mendapatkannya dengan cara yang persis sama, seperti di Piala Carabao," kata Klopp usai laga. (Aji)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler