3.000 Peserta Ramaikan 'Magelang Sepeda Sehat 2022'

Selasa, 24 Mei 2022 06:56 WIB

Share
Walikota Magelang Muchamad Nur Aziz ikut bersepeda bersama masyarakat. Foto: Harsono
Walikota Magelang Muchamad Nur Aziz ikut bersepeda bersama masyarakat. Foto: Harsono

MAGELANG, JATENG.POSKOTA.CO.ID - Sekitar 3.000 peserta mengikuti kegiatan "Magelang Sepeda Sehat 2022" dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-1.116 Kota Magelang, Minggu (22/5/2022). Rute dimulai dari halaman belakang kantor Wali Kota Magelang dan berakhir di lokasi yang sama.


Para peserta antusias mengikuti kegiatan tersebut, setelah lama tidak ada kegiatan serupa akibat pandemi Covid-19. Mereka berasal dari Kota Magelang, juga sejumlah komunitas pecinta sepeda dari luar daerah.


"Target awalnya jumlah peserta kelipatan 2 usia Kota Magelang, yakni 2.232. Tapi sampai hari pelaksanaan ternyata bertambah, jadi sekitar 3.000 peserta," papar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang, Candra Adi W, di sela-sela kegiatan.

Rute perjalanan adalah mengelilingi Kota Magelang dengan melewati jalur lambat di wilayah ini. Kalaupun ada peserta melewati jalur umum, ada petugas maupun marshal dari Komunitas Sepeda Indonesia (KSI) yang mengarahkan dan membatasi.

"Kami arahkan peserta agar mereka pakai jalur lambat/sepeda. Tapi karena peserta banyak boleh pakai jalur umum, tapi ada pembatasan, ada petugas yang berjaga," jelas Candra.

Candra berujar, kegiatan ini bertujuan untuk mengkampanyekan budaya bersepeda, selain untuk kesehatan tapi juga untuk aktivitas sehari-hari.


Adapun hadiah utama yang diperebutkan adalah uang tabungan Rp 14 juta dari Bank Jateng, Rp 5 juta dari BPR Bank Magelang dan ratusan hadiah hiburan lainnya.

Di area kegiatan juga diramaikan oleh aneka kuliner UMKM Kota Magelang terdiri dari sekitar 30 UMKM binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang.


Apresiasi


Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz mengapresiasi kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan pengguna sepeda di Kota Magelang. Selain itu, sepeda sehat menjadi bagian upaya mensukseskan visi Kota Magelang Maju, Sehat dan Bahagia.

Halaman
Editor: Aji
Contributor: Y Bagyo Harsono
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler