Kiprah Aqila Niam, Penggerak Komunitas TV Digital Jateng-DIY yang Mendapatkan Apresiasi

Sabtu, 11 Juni 2022 07:23 WIB

Share
Aqila Niam Faza saat menjadi pembicara di Bimtek Penggunaan Perangkat TV Digital dan Set Top Box. Foto: dok
Aqila Niam Faza saat menjadi pembicara di Bimtek Penggunaan Perangkat TV Digital dan Set Top Box. Foto: dok

SEMARANG, JATENG.POSKOTA.CO.ID - Ada yang menarik dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) 'Penggunaan Penerapan Perangkat TV Digital dan Set Top Box dalam Menghadapi Pelaksanaan ASO' yang digelar secara virtual, Kamis 9 Juni 2022. Kegiatan ini diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkomnfo) dan KPID Nusa Tenggara Timur.

Hal menarik itu, yaitu tampilnya Aqila Niam Faza sebagai salah satu nara sumber dalam bimtek tersebut. Dia adalah siswa SMA Negeri 1 Pekalongan, Jawa Tengah, seorang admin TV Digital Jateng dan vlogger.

Aqila selama ini dikenal sebagai penggerak komunitas TV Digital Jateng dan DI Yogyakarta melalui Forum Leader Migrasi Siaran Digital-Jateng III. Forum itu merupakan ruang untuk berdiskusi dan saling berbagi informasi terkait perkembangan migrasi siaran TV analog ke siaran TV digital, serta beranggotakan lebih dari 4.000 orang.

Dalam bimtek yang dibuka Direktur Penyiaran Kemkominfo Geryantika Kurnia, Aqila menjadi nara sumber bersama Analis Kebijakan Ahli Madya Kemenkominfo Sukamto, GM Business Development Polytron Joegianto dan Ketua KPID NTT Fredrikus Royanto Bau.

Geryantika mengaku baru mengenal Aqila Niam Faza. Namun melihat kiprahnya selama ini, dia mengapresiasi. Dia berharap remaja tersebut bisa memberikan testomoni dan best practice seputar migrasi ke TV digital dan penggunaan Set Top Box (STB).

''Aqila  memang hebat. Anak SMA yang menggerakan teman komunitas Jateng dan DIY. Tanpa diminta oleh pemerintah , forum ini punya banyak cabang dan kami terbantu dengan dengan keberadaan komunitas ini. Semoga Aqila dan kawan-kawan komunitas terus menyosialisasikan bagaimana cara memasang STB, menyetting TV analog ke TV digital,'' kata Geryantika.

Pandangan Keliru

Saat memberikan Bimtek tersebut, Aqila berbagi pengetahuan yang perlu diketahui masyarakat terkait migrasi Siaran TV Digital. Dia mengatakan, bahwa saat ini ada pandangan keliru tentang TV digital. Pandangan masyarakat awam tentang TV Digital itu sistem streaming internet atau Smart TV berlangganan.

''Sebenarnya siaran TV digital itu gratis dengan antena yang sama yaitu UHF,  tak perlu berlanggananan. Dan gambarnya itu kualitas HD dengan suara yang jernih,'' katanya.

Dia lalu membandingkan perbedaan antara TV analog dengan TV digital.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler