SMOR, Anak Perusahaan Semen Gresik Bukukan Kenaikan Pendapatan 500 Persen

Kamis, 16 Juni 2022 14:38 WIB

Share
Direksi PT SMOR, Syaichul Amin (kanan) dan Waras Taufiq berfoto bersama setelah sesi pemotongan tumpeng HUT PT SMOR Ke-2. Foto: PTSG
Direksi PT SMOR, Syaichul Amin (kanan) dan Waras Taufiq berfoto bersama setelah sesi pemotongan tumpeng HUT PT SMOR Ke-2. Foto: PTSG

REMBANG, JATENG.POSKOTA.CO.ID - Anak perusahaan PT Semen Gresik (PTSG) yaitu PT Sinergi Mitra Operasi Rembang (SMOR) membukukan kinerja positif dengan peningkatan Kapitalisasi pendapatan yang diterima dari tahun 2020 ke 2021 melesat naik 500 persen. Capaian ini disampaikan oleh Direktur Utama PT SMOR,

Syaichul Amin, dalam momen HUT Ke-2 yang dirayakan secara meriah bersama pemangku kepentingan kunci di kompleks The Wabi (Warung Binaan), Pabrik Rembang PT Semen Gresik. 



SMOR merupakan perusahaan  patungan antara PTSG dan enam PT BUMDes yang menjadi model joint venture BUMN dan BUMDes pertama di Indonesia. Didirikan oleh PT Semen Indonesia  (Persero) Tbk (SIG) sebagai komitmen meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat di sekitar pabrik Rembang.


Direktur Utama PT SMOR, Syaicul Amin, mengatakan perjalanan SMOR di tahun kedua  menjadi momentum untuk lebih mengoptimalkan potensi BUMDes sebagai sociopreneur  atau pelaku wirausaha sosial  yang mengintegrasikan bisnis dan peningkatan taraf ekonomi masyarakat.



Pemberdayaan masyarakat, kata dia, menjadi fokus operasional perusahaan ini dengan memberikan sebesar-besarnya manfaat bagi masyarakat di wilayah operasional pabrik Rembang. Salah satu bentuk komitmen itu adalah dari 500 karyawan SMOR, 80 persen di antaranya warga sekitar perusahaan dan Kabupaten Rembang.


‘’Kami berkomitmen memberi nilai sosial dan ekonomi agar mansyarakat merasakan manfaat dengan kehadiran BUMN. Kami juga berharap perusahaan patungan ini bisa memainkan peran strategis mengangkat kesejahteraan masyarakat di area operasional,’’ kata Syaicul dalam siaran persnya, Kamis (16/6).


Diakui Syaicul,  SMOR  yang mayoritas bergerak di bidang jasa ketenakerjaan dan jasa lainnya, mengalami banyak tantangan, diantaranya ketatnya persaingan dan pandemi Covid-19. 



Kendati demikian, berkat operasional unggul yang dijalankan mencapai progres yang menggembirakan dalam pencapaian nilai kontrak, dividen, dan pelayanan.  Terkait tantangan SMOR ke depan, sambung Syaicul,  selain meningkatkan  kualitas pelayanan dan kompetensi SDM, pihaknya menguatkan posisinya menjalankan Creating Shared Value (CSV) dengan membuat usaha baru di BUMDes.


‘’Manajemen Semen Gresik juga mendorong kami  meningkatkan kinerja keuangan dengan melebarkan sayap untuk bisa mengelola dan mendapatkan projects di lingkup eksternal perusahaan guna mengangkat eksistensi SMOR,’’ jelasnya.



Pada RUPS tahun 2021 yang diselenggarakan akhir Juni ini, pihaknya akan membagikan dividen yang signifikan kepada enam PT BUMDes sebagai pemilik sebagian saham. Keenam BUMDes berada di Desa Tegaldowo, Kadiwono, Kajar, Pasucen, Timbrangan di Kabupaten Rembang, dan Desa Ngampel di Kabupaten Blora. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler