Mangayubagya Lustrum ke-7, USM Siap Gelar Wayang Kulit 'Semar Mbangun Kahyangan'

Minggu, 19 Juni 2022 07:02 WIB

Share
Mangayubagya Lustrum ke-7, USM Siap Gelar Wayang Kulit  'Semar Mbangun Kahyangan'
USM siap gelar pentas wayang kulit. Foto: Ist

SEMARANG, JATENG.POSKOTA.CO.ID - Pergelaran wayang kulit semalam suntuk dengan lakon “ Semar Mbangun Kahyangan akan digelar Rabu (22/ 6/2022)  di Gelora Universitas Semarang (USM) Prof Sudarto. Pagelaran wayang kulit yang diselingi dagelan dan campusari  Gareng Sumarbagyo Ngesti Pandowo itu akan menghadirkan dalang kondang Ki H Joko Sunarno.


Ketua Panitia Panitia Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka Lustrum USM , Dr  Drs H Kukuh Sudarmanto BA SSos  SH MH MM, yang juga selaku Kaprodi Magister Hukum  USM menuturkan, pentas wayang  kulit  semalam suntuk digelar dalam rangka mangayubagya Lustrum ke-7 atau Dies Natalis ke-35 USM. Dalam acara ini, panitia menyediakan sejumlah doorprize yang menarik.



“Pagelaran wayang kulit juga merupakan komitmen USM untuk turut melestarikan khazanah budaya Indonesia yang kaya ajaran dan petuah berfilosofi tinggi. Semangat nguri-uri budaya Jawi ini diharapkan menumbuhkan kerukunan dan etika dalam bermasyarakat dan berbangsa,'' kata Kukuh dalam keterangannya, Minggu 19 Juni 2022.


Menurut Kukuh Sudarmanto, lakon 'Semar Mbangun Kahyangan' dalam pentas wayang kulit merayakan Dies Natalis USM ini tetap kontekstual dan sarat nilai. Lakon ini mengajarkan tentang keselarasan manusia menjalin hubungan dengan manusia lain, dengan lingkungan alam dan Tuhannya. Pagelaran ini akan disiarkan secara langsung Programa 4 RRI Semarang juga diharapkan dapat  dihadiri mahasiswa dan masyarakat pecinta wayang.

 


“Selaku kaprodi MH USM, saya mengajak mahasiswa untuk menonton sekaligus menghargai budaya wayang kulit yang adiluhung,” harapnya. (Aji)

.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar