Ini Syarat dan Cara Memperoleh Piranti STB TV Digital dengan Gratis

Senin, 20 Juni 2022 08:39 WIB

Share
Ini Syarat dan Cara Memperoleh Piranti STB TV Digital dengan Gratis
Piranti STB inilah yang mendukung untuk menyaksikan siaran TV digital. Kominfo membagikannya secara gratis bagi yang memenuhi syarat. Foto: kominfo

JAKARTA, JATENG.POSKOTA.CO.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus mendistribusikan set top box (STB) gratis kepada masyarakat sebagai bentuk dukungan migrasi dari analog ke TV digital.


STB merupakan piranti penting agar masyarakat bisa menyaksikan siaran TV digital usai TV analog dihentikan atau Analog Switch Off (ASO). Usai STB digital tahap satu dibagikan, kini Kominfo terus membagikan secara gratis piranti tersebut untuk keluarga miskin pada tahap 2 dan 3 di tahun 2022.



Pembagian Set Top Box atau STB TV digital tahap 1 tahun ini mulai dilakukan Kominfo pada 15 Maret hingga 30 April 2022 lalu.  Sedangkan pembagian Set Top Box gratis dari Kominfo masih berlanjut untuk tahap 2 dan 3 pada tahun 2022. 


Proses distribusi set top box akan dimulai dengan pengiriman logistik STB  ke gudang penyelenggara di 341 Kabupaten/kota. Setelah itu, petugas akan mendistribusikan set top box dari pintu ke pintu ke penerima bantuan. 


Kominfo juga akan menggandeng Pos Indonesia dan jasa pengiriman swasta untuk pendistribusian STB gratis ini. Petugas bakal melakukan verifikasi dan validasi data penerima bantuan berdasarkan KTP, kartu keluarga (KK), dan kepemilikan TV. Apabila data tidak sesuai, maka STB akan dikembalikan ke gudang.




Adapun Syarat Penerima Set Top Box Gratis Kominfo 2022:
a.    Penerima bantuan berupa STB merupakan keluarga rumah tangga miskin yang masih menggunakan TV analog.
b.    Merupakan warga negara Indonesia yang dapat dibuktikan dengan kepemilikan NIK dan KTP elektronik penerima.
c.    Tempat tinggal penerima bantuan harus berada dalam cakupan migrasi TV digital atau Analog Switch off (ASO).


Untuk mendapatkan Set Top Box (STB) gratis dari pemerintah, calon penerima harus mencocokan terlebih dahulu data NIK dan KTP yang dimiliki dengan data yang ada dalam sistem DTKS Kemensos.



Penerima juga harus terdaftar dalam DTKS kemensos untuk mendapatkan Set Top Box (STB) dari Kominfo.


Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa syarat wajib bagi Anda ingin mendapatkan bansos Set Top Box (STB) gratis Kominfo, haruslah terdaftar dulu di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.


Bagaimana Download aplikasi Cek Bansos di Playstore HP? Siapkan NIK KTP, selanjutnya Pilih menu daftar usulan untuk mendaftarkan diri, keluarga atau masyarakat yang sudah terdata di DTKS Kemensos untuk mendapat bansos PKH, BST, dan BPNT.

Halaman
1 2
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar